Sukses

All New Honda CR-V Sabet Bintang 5 Tes Keselamatan ASEAN NCAP

All new Honda CR-V yang telah resmi diluncurkan di ajang GIIAS 2023, berhasil menyaber predikat tertinggi dari ASEAN NCAP atau New Car Assessment Program for Southeast Asia

Liputan6.com, Jakarta - All new Honda CR-V yang telah resmi diluncurkan di ajang GIIAS 2023, berhasil menyabet predikat tertinggi dari ASEAN NCAP atau New Car Assessment Program for Southeast Asia. SUV andalan pabrikan berlambang huruf H ini, berhasil meraih rating keselamatan bintang lima dengan total skor 87.16 dari 100.

Dalam pengujian yang dilakukan pada 21 Agustus 2023, all new Honda CR-V berhasil meraih skor 77.07 dari 100 (94.93/120 untuk total skor) di mana mobil ini berhasil melewati serangkaian tes uji tabrak dari bagian depan dan juga samping nya serta pengujian fitur-fitur keselamatannya.

All new Honda CR-V berhasil meraih skor 31.45/32 untuk kategori Adult Occupant Protection (AOP), kemudian 45.81/51 untuk Child Occupant Protection (COP), skor 19.50/21 untuk Safety Assist Technologies (SATs) dan 9/05/16 untuk Motorcyclist Safety (MS).

"Pencapaian yang diraih all new CR-V semakin menunjukkan komitmen Honda terhadap keselamatan penggunanya dan mewujudkan visi untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi pengemudi maupun seluruh pengguna jalan lainnya," ujar Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM, dalam keterangan resmi, Senin (21/8/2023).

Secara umum, pengujian harus dilakukan setelah produksi massal model dimulai. Uji Frontal Offset Impact dilakukan menggunakan boneka uji tabrak di kursi pengemudi dan penumpang depan serta dua boneka anak pada Child Restraint System (CRS) di kursi belakang.

Kecepatan uji tabrakan adalah 64 km/jam ketika menabrak penghalang tabrakan yang menggunakan aluminium yang dapat hancur.

Selain itu, dilakukan pula Side Impact Test, dilakukan dengan memasang boneka uji tabrak di kursi pengemudi dan dua boneka anak pada Child Restraint System (CRS) di kursi belakang. MDB (Moving Deformable Barrier) mendekati mobil yang diuji situasional. Kecepatan tes adalah 50 km/jam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur keselamatan

Model SUV global dari Honda tersebut telah dilengkapi dengan teknologi Honda Sensing yang merupakan teknologi canggih untuk memandu sistem berkendara.

Sistem ini menggunakan new front sensor camera serta milimeter-wave radar yang terletak pada bagian depan mobil untuk memberikan kewaspadaan dalam kondisi berkendara terhadap keadaan disekitar kendaraan seperti mobil, sepeda motor hingga pejalan kaki. Teknologi ini juga memberikan peringatan serta mendukung pengemudi dalam menghindari dalam mengurangi tingkat resiko kecelakaan.

All new Honda CR-V ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan tingkat tinggi lainnya seperti; Honda LaneWatch, Multi-angle Rearview Camera, Walk Away Auto Lock, Driver Attention Monitor, 8 Airbags, Hill Descent Control, Front Passenger & Rear Seat Belt Reminder, serta Rear Seat Reminder.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini