Sukses

Resep Baru Toyota GR Supra GT4 Sukses Raih Podium di GT4 Okayama 2023

Mobil balap Toyota GR Supra GT4 yang digunakan oleh tim balap pabrikan Toyota Gazoo Racing Indonesia pada ajang GT World Challenge Asia 2023 mengalami penyempurnaan.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil balap Toyota GR Supra GT4 yang digunakan oleh tim balap pabrikan Toyota Gazoo Racing Indonesia pada ajang GT World Challenge Asia 2023 mengalami penyempurnaan.

Setelah berlaga di Sirkuit Chang International, Thailand, pada Mei 2023 lalu, kini mobil tersebut telah mendapatkan upgrade di beberapa sektor yang membuat performanya mengalami peningkatan.

Performa mobil balap sportscar yang menggendong nama legendaris Supra ini mampu mengantarkan dua pembalap TGRI yakni Haridarma Manoppo dan Seita Nonaka (Jepang) naik podium pada ajang GT4 Okayama 2023 yang digelar pada 19-20 Agustus 2023).

Dalam penjelasannya, Haridama Manoppo, mengatakan memang ada penyesuaian yang dilakukan oleh tim dengan mengadopsi beberapa komponen baru EVO.

"Memang dari dari pihak Toyota sendiri sudah ada upgrade sedikit dengan memasang beberapa komponen baru dan sekarang mobil ini menjadi GR Supra GT4 EVO," jelas Haridarma Manoppo.

Adapun beberapa komponen yang diadopsikan tersebut antara lain meliputi aerodinamika mobil, Electronic Control Unit (ECU), dan suspensi yang lebih mumpuni.

Berbekal penyempurnaan tersebut, saat melakoni balap di Sirkuit Internasional Okayama, Jepang, pada race pertama yang digelar pada Sabtu (19/8/2023), Haridarma Manoppo dan Seita Nonaka sukses meraih podium pertama.

Sedangkan pada race kedua yang berlangsung pada Minggu (20/8/2023), perjuangan kedua pembalap andalan dari tim pabrikan ini berhasil menjadi terbaik kedua setelah melakoni balapan selama satu jam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Tidak Berbeda Jauh dari Toyota GR Supra Standar

Adapun ubahan yang begitu besar terjadi di bagian interior, di mana beberapa komponen seperti dashboard, lingkar kemudi, jok, sampai bagian belakang juga dieliminasi. Tidak sebatas itu, penggunaan bahan karbon yang berfungsi untuk meringankan bobot, juga diaplikasikan pada mobil balap tersebut.

Beberapa bagian yang menggunakan bahan karbon di interior antara lain dashboard, doortrim, serta beberapa piranti kecil lainnya. Untuk memberikan keselamatan dan menyesuaikan dengan regulasi yang berlaku untuk balap GT, penggunaan rollbar yang terbuat dari baja ringan juga menghiasi bagian dalam.

Bicara tenaga yang dihasilkan, di atas kertas mobil Toyota GR Supra GT4 ini mampu memproduksi 430 tk dan torsi puncak 650 Nm yang berasal dari mesin enam silinder segaris berkubikasi 3.0 liter turbocharged.

3 dari 3 halaman

Infografis Penjelasan Cuaca Panas Melanda Wilayah Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.