Sukses

Menikmati Keindahan Karst Citatah Bersama Honda CRF150L

Liputan6.com dan beberapa jurnalis media otomotif nasional, mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi daerah tersebut menggunakan Honda CRF150L

Liputan6.com, Jakarta - Yayasan Astra Honda Motor (AHM) terus melakukan sumbangsihnya kepada masyarakat Indonesia. Salah satunya, adalah upaya pelestarian alam yang digagas bersama warga di kawasan Karst, Citatah yang memang menyimpan potensi keindahan alam untuk dikunjungi.

Beruntung, Liputan6.com dan beberapa jurnalis media otomotif nasional, mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi daerah tersebut menggunakan Honda CRF150L

Berbalut aktifitas safety riding off-road yang dikemas dengan pengalaman terabas ini melintasi berbagai area, yakni KBA Cidadap, Geotheater Pranaraksa, Bukit Hawu, Guha Pawon, dan Stone Garden. Kontur jalanan berbatu dan tanah menjadi kesenangan tersendiri saat menjajal ketangguhan CRF150L.

Ketangguhan mesin Honda CRF150L PGM-FI 150 cc SOHC berpendingin udara membawa pengendara menjelajah kawasan karst, dengan kombinasi jalan menanjak-turunan berbatu.

Suspensi inverted telescopic di depan, rangka semi double-cradle, dan sistem pengereman serta ban yang mumpuni menyuguhkan kelincahan dalam melibas jalur.

Kombinasi kelincahan dan tenaga maksimal CRF150L memberikan pengendara sebuah pengalaman riding off-road yang menyenangkan di Kawasan Karst Citatah.

Deden Syarif, Ketua Forum Pemuda Peduli Karst Citatah (FP2KC) mengatakan, berusaha melestarikan Karst Citatah agar menjadi tujuan wisata alam dengan berbagai potensinya. '

"Yayasan AHM banyak berkontribusi mendukung kegiatan masyarakat di sini," ujar Deden Syarif, Selasa (1/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelestarian Karst Citatah

FP2KC menjadi salah satu komunitas yang sejak 2009 hingga saat ini, konsisten menjaga pelestarian Karst Citatah di wilayah Cipatat dan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Kawasan ini merupakan salah satu Karst tertua di pulau Jawa yang terbentuk pada 20-30 juta tahun silam.

Dalam upaya pelestarian Karst Citatah, Yayasan AHM dan anak perusahaan AHM mendukung kegiatan para penyelamat lingkungan ini di wilayah Guha Pawon dan Stone Garden, Bandung Barat. Dukungan tersebut berupa bantuan pembuatan sarana dan prasarana berupa gapura, papan informasi, petunjuk lokasi wisata, toilet, dan saung yang mendukung tumbuhnya jumlah wisatawan di lokasi tersebut.

Dalam pengembangan masyarakat, sejak 2017 dibentuklah Kampung Berbudaya Lingkungan (Ecovillage) oleh FP2KC bersama AHM dan Yayasan AHM, yang diberi nama Kampung Cidadap Berseri Astra Honda (KBA) Ecovillage.

Yayasan AHM mendukung pengembangan kampung ini dengan berbagi kegiatan sosial, bantuan prasarana, pembinaan masyarakat, pemberdayaan UMKM (UMKM Keripik Kaca dan Pokdarwis Hawu Pabeasan) dan bantuan lainnya berupa beasiswa pendidikan anak muda di wilayah tersebut.

"Kami ingin kemandirian ekonomi masyarakat terbangun melalui Kampung Cidadap Berseri melalui pengembangan geowisata yang berbudaya lingkungan dan pendidikan masyarakatnya berkelanjutan," ujar Ahmad Muhibbuddin, Ketua Yayasan AHM.

Penasaran dengan perjalanan Liputan6.com menembus daerah dengan pemandangan indah Karst Citatah. Nantikan laporan lengkapnya di www.liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini