Sukses

Mengintip Spesifikasi Land Cruiser 200 Tunggangan Julian Johan di AXCR 2023

Pasangan Julian Johan dan Recky Resanto menggunakan Toyota Land Cruiser 200 untuk bertarung di ajang Asia Cross Country Rally 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Off-roader Julian Johan memastikan diri mengikuti ajang Asia Cross Country Rally 2023 dari Thailand menuju Laos pada 13-19 Agustus 2023. Mengandalkan Toyota Land Cruiser 200, pria yang karib disapa Jeje itu bakal didampingi Recky Resanto sebagai co-driver.

AXCR sendiri dikenal sebagai balap reli lintas negara dengan karakter medan ekstrem di mana terdiri dari kontur tanah, lumpur dan aspal untuk melintasi beberapa jalur utama dan menempuh jarak kurang lebih 2.000 kilometer.

"Senang rasanya bisa mengumumkan keikutsertaan saya dan Recky dalam kompetisi Asia Cross Country Rally 2023. Ini merupakan mimpi kecil saya untuk bisa merasakan betapa ganasnya rally Dakar versi Asia," terang Jeje di Jakarta, Selasa (25/7/2023).

Disebutkan, Jeje menjadi pembalap Indonesia pertama yang menggunakan Land Cruiser 200 atau LX570 dalam ajang kompetisi bertaraf internasional.

 

Model ini dipilih bukan hanya didasari ketangguhannya, tetapi juga karena memiliki nilai histori yang kuat karena telah lebih dari 25 tahun eksis di ajang rally Dakar sejak pertama kali digunakan pada 1995.

Jeje akan bertarung di kelas T1G yang diisi mobil-mobil bermesin bensin dengan sistem penggerak 4x4. Toyota Land Cruiser 200 tunggangannya pun telah dipersiapkan dengan matang dan dimodifikasi agar sesuai dengan regulasi AXCR 2023.

Pada eksterior, penyesuaian dilakukan pada body, bumper dan wide fender, menggunakan bahan karbon dan polycarbonate untuk memangkas bobot lebih dari 150 kilogram dari bobot aslinya.

Sementara untuk interior, beberapa komponen seperti jok belakang, panel door trim, serta beberapa aksesoris lainnya telah dieliminasi dan digantikan dengan adanya roll bar yang membentang dari depan ke belakang, 2 ban serep serta penambahan perangkat navigasi khusus rally.

Jok depan pun telah mengalami pergantian menggunakan model racing dengan standar FIA untuk memberikan kenyamanan serta keselamatan driver dan co-driver selama kompetisi berlangsung.

Spesifikasi mesin Land Cruiser 200 menggunakan jantung mekanis V8 3UR-FE 5700cc yang menggunakan oli Motul 300V ini memiliki internal berbahan forged dengan full exhaust system.

Perlu diketahui mesin 3UR-FE ini merupakan tipe mesin tertinggi di seri 200 dan mesin standar Land Cruiser 200 versi Amerika serta mesin Lexus LX570 yang merupakan saudara kembar dari Land Cruiser 200.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rombak Sektor Kaki-Kaki

Begitupun sektor kaki-kaki yang menjadi tumpuan utama untuk menerjang segala medan di kompetisi Asia Cross Country Rally, Jeje, menjelaskan bahwa untuk menopang performanya tersebut, ia telah melakukan penggantian part agar kemampuannya lebih maksimal.

"Land Cruiser 2022 telah dibekali sistem suspensi, Toyota Tundra dengan arm Total Chaos Fabrication yang dikawinkan dengan shockbreaker King Shocks," katanya.

Perihal penggunaan ban, melihat medan yang bakal ia lewati begitu ekstrem, maka ia mempercayakan kemampuan dari ban BFGoodrich K02 & KM3 dengan ukuran 285/70 ring 17 serta velg Braid Wheels Dakar berukuran 17x8.

Sementara itu, sang co-driver menyatakan dirinya bersama Jeje telah melakukan beberapa persiapan. "Tidak hanya dari mobil, namun fisik yang menjadi modal utama selama melakoni Asia Cross Country Rally juga telah kami persiapkan," ujar Recky.

"Semoga apa yang sudah kita mulai ini, bisa memberikan dampak yang positif untuk industri motorsport, terutama rally di Indonesia," pungkasnya.

Sekadar informasi, keikutsertaan Julian Johan dan Recky Resanto dalam Asia Cross Country Rally 2023 juga tidak lepas dari peran dan dukungan beberapa pihak, seperti GHP Law Firm, BFGoodrich, dan Motul.

Berikut spesifikasi Toyota Land Cruiser 200 Jeje untuk mengarungi AXCR 2023:

Mesin: V8 3UR-FE 5700cc

  • Ban: BFGoodrich K02 & KM3 285/70 Ring 17
  • Pelek: Braid Wheels 17x8
  • Eksterior/Body: Carbon Fibre
  • Kaki-kaki: Arm Toyota Tundra
  • Depan: Coilover & Bypass King Shock dengan travel 10 inch
  • Belakang: Coilver & Bypass King Shock dengan travel 14 inch
  • Lubricants: Motul 300 V.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.