Sukses

Viral Tabungan Siswa SD di Pangandaran Raib, Nominalnya Setara Harga Toyota Agya Bekas

Belum lama ini, berita tabungan Siswa SD senilai ratusan juta yang lenyap sedang jadi sensasi dunia maya. Tidak tanggung-tanggung, total tabungan 17 orang siswa tersebut mencapai Rp 112.576.000.

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini, berita tabungan Siswa SD senilai ratusan juta yang lenyap sedang jadi sensasi dunia maya. Kabar tersebut terungkap setelah salah satu orang tua murid kelas 6 menanyakan tabungan yang belum dikembalikan, meski anaknya telah lulus.

Usut punya usut, ternyata orang tua murid lain juga mengalami hal serupa. Kemudian, para orang tua siswa itu pun melancarkan protes karena uang tabungan anak-anak mereka itu tidak kunjung diberikan.

Kejadian ini terjadi pada siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Kondangjajar, Kecamatan Cijulung, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Tidak tanggung-tanggung, total tabungan 17 orang siswa tersebut mencapai Rp 112.576.000.

Ketika ditagih, pihak sekolah malah mengaku mereka tidak memegang uang tabungan itu. Pihak sekolah beralasan uang tabungan siswa SD itu berada di koperasi dan dipegang oleh seorang guru yang sudah pensiun.

Namun, belakangan diketahui kalau uang tabungan para siswa SD itu justru diduga dipinjamkan ke oknum-oknum guru yang tidak bertanggung jawab. Menurut kabar yang beredar, saat ini kasus uang raib tersebut masih ditelusuri oleh pihak berwajib.

Pasalnya jumlah uang Rp 112 juta bukanlah nominal yang sedikit. Sebagai bayangan, hasil tabungan anak-anak SD itu sudah bisa dipakai untuk membeli berbagai jenis mobil bekas.

Salah satu contohnya ada Toyota Agya keluaran 2017 yang dijual pada kisaran Rp 99-112 jutaan di berbagai situs jual beli mobil bekas. Mobil yang satu ini merupakan jenis LCGC yang dibekali dengan mesin DOHC 3 silinder berkapasitas 998 cc.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilihan Mobil Bekas Lainnya

Selain Agya, kembarannya Daihatsu Ayla 2018 juga dijual pada kisaran yang kurang lebih sama. Persis seperti Agya, mobil pabrikan jepang ini juga dibekali dengan mesin DOHC 3 silinder berkapasitas 998 cc.

Pindah ke Honda, Brio Satya keluaran 2016 juga dapat terjangkau dengan harga Rp 105-125 juta. Mobil merupakan LCGC yang dibekali dengan mesin 1198 cc. Selain Brio, Honda juga punya Mobilio 2016 yang dibanderol sekitar Rp 110-135 juta. Mobil yang satu ini merupakan jenis MPV dengan mesin 1496 cc.

Bicara soal MPV, tentunya tidak afdol kalau tidak bahas  mobil yang dijuluki kendaraan sejuta umat yakni, Toyota Avanza. Satu unit Avanza bekas 2014 dijual pada kisaran Rp 113-135 juta. Mobil ini ditopang dengan mesin DOHC 4 silinder berkapasitas 1329 cc.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini