Sukses

Kembaran Toyota Yaris Cross di Malaysia Bernama Perodua Nexis

Toyota Yaris Cross dirumorkan akan mendapat saudara kembar di negara tetangga, Malaysia. Menurut kabar yang beredar, kembaran Toyota Yaris Cross ini akan diproduksi oleh produsen otomotif asal Malaysia, Perodua.

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar satu minggu lalu, PT Toyota-Astra Motor (TAM) merilis harga resmi All-New Yaris Cross. Kini, mobil tersebut sudah bisa didapatkan di berbagai dealer Toyota seluruh Indonesia.

Menariknya, Medium SUV 5-Seater tersebut dirumorkan akan mendapat saudara kembar di negara tetangga, Malaysia. Kini dugaan peluncuran mobil ini semakin menguat setelah Toyota Yaris Cross resmi dijual di Tanah Air.

Ditambah lagi, Yaris Cross dirancang menggunakan Daihatsu New Global Architecture (DNGA), yang juga digunakan oleh perodua Ativa (kembaran Daihatsu Rocky) dan Axia (kembaran daihatsu ayla) di Malaysia.

Menurut kabar yang beredar, kembaran Toyota Yaris Cross ini akan diproduksi oleh produsen otomotif asal Malaysia, Perodua. Dilansir dari paultan, mobil ini diduga bernama D66B atau Nexis jika mengacu salah satu nama merek dagang yang didaftarkan Perodua tahun lalu. 

Jika jadi diluncurkan, kemungkinan besar spesifikasi Perodua Nexis juga tidak akan jauh beda dari Toyota Yaris Cross yang dipasarkan di Indonesia. Yaris Cross sendiri ditawarkan dengan mesin bensin empat silinder 2NR-VE 1500 cc.

Enjin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal 105 tk  dan torsi 138 Nm yang dipadukan dengan transmisi manual lima kecepatan atau CVT. Selain itu, Yaris Cross Indonesia juga tersedia dalam varian hybrid.

Untuk versi hybridnya, Toyota Yaris Cross ditopang dengan mesin 2NR-VEX 1500 cc NA empat silinder dengan tenaga 90 tk dan torsi 121 Nm dan motor listrik berdaya 79 dan torsi 141 Nm, yang ditenagai oleh baterai lithium-ion

Soal dimensi, Yaris Cross memiliki panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm, dan wheelbase 2.620 mm.

Ukuran tersebut lebih ringkas dibanding rivalnya, Honda HR-V dengan panjang 4.330-4.385 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1.590 mm, dan jarak sumbu roda 2.610 mm.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkiraan Harga

Sementara itu, di Malaysia sendiri Perodua Nexis akan bersaing ketat dengan Proton X50 yang memiliki panjang 4.330 mm, lebar 1.800 mm, 1.609 mm, dan jarak sumbu roda 2.600 mm.

Masalah harga, SUV ini diprediksi akan dijual mulai 73 ribu ringgit atau setara Rp 237 juta. Artinya mobil ini akan jauh lebih murah dibanding Proton X50 yang dipasarkan mulai Rp280 jutaan.

Sebagai perbandingan, Yaris Cross di Indonesia dibanderol sekitar Rp 351 juta untuk varian terendah hingga Rp 449,95 juta untuk varian tertinggi yang sudah menggunakan teknologi hybrid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.