Sukses

Terkejut dengan Konsumsi Bahan Bakar Wuling Alvez

Wuling Motors (Wuling) menggelar acara test drive Wuling Alvez yang diikuti oleh sejumlah media nasional. Perjalanan di mulai dari Bandar Udara Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur, menuju Solo, Jawa Tengah, via Kediri

Liputan6.com, Jakarta - Wuling Motors (Wuling) menggelar acara test drive Wuling Alvez yang diikuti oleh sejumlah media nasional. Liputan6.com pun turut mengikuti kegiatan yang berlangsung 22-23 Mei 2023.

Perjalanan di mulai dari Bandar Udara Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur, menuju Solo, Jawa Tengah, via Kediri dan Madiun dengan jarak hampir 350 kilometer. Wuling Alvez yang digunakan merupakan tipe paling atas, yakni EX.

Saat masuk ke ruang kemudi, awak Liputan6.com dengan tinggi badan 175 sentimeter dan tubuh yang cukup tambun merasa ruang di balik setir cukup pas-pasan. Beruntung ketinggian jok bisa diatur secara manual dengan cara memompa tuas yang berada di kanan jok.

Setelah ketinggan jok berada di level paling rendah, posisi berkendara pun jadi agak nyaman karena kepala tidak terlalu dekat dengan plafon.

Oke, saatnya mengemudi dan merasakan performa compact SUV dengan tagline 'Style and Innovation in One SUV' tersebut.

Sekadar informasi, Wuling Alvez dipersenjatai mesin 1.500cc dengan daya 105 Tk dan torsi 143 Nm. Tenaga itu disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT.

 

Sebagai mobil dengan perawakan yang ringkas dan cocok untuk jalanan perkotaan, Alvez cukup asyik ketika berakselerasi. Tarikannya lumayan responsif. Mobil ini juga terasa lincah saat diajak bermanuver.

Untuk diketahui, jalur yang kami lintasi cukup menantang karena melewati wilayah pegunungan. Kontur jalan naik turun dan berkelok khas jalur pegunungan, bukan masalah bagi Alvez.

Dengan kata lain, meski habitatnya adalah wilayah perkotaan tapi mobil ini memiliki kemampuan untuk diajak jalan jauh dengan medan jalan yang bervariasi.

Dan satu satu hal yang membuat kami sempat terkejut adalah konsumsi bahan bakarnya. Kami sempat mendapati angka 19,2 kilometer per liter (km/l) di layar MID saat berkendara dari Malang hingga Kediri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beragam Fitur

Namun saat perjalan ke Solo via Gerbang Tol Madiun hingga finis di hotel yang berada dekat Terminal Tirtonadi, konsumsi bahan bakarnya menyusut menjadi 16,6 km/l.

Hal ini dirasa wajar karena selama di tol kami menggunakan mode berkendara 'Sport' agar tarikan mesin lebih enteng.

Melakukan perjalanan bersama Alvez pun kian nyaman berkat sederet fitur yang dimiliki, seperti head unit 10,25 inci dengan konektivitas internet, kamera parkir dengan Dynamic Trajectory, Digital AC control, hingga USB fast charging power outlet.

Beragam fitur berkendara pun dapat dioperasikan dengan mudah melalui Wuling Indonesian Command. Alvez tipe tertinggi juga dilengkapi dengan Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Sementara fitur keselamatannya meliputi Electronic Stability Control, Traction Control System, sistem pengereman ABS dan EBD, Emergency Stop Signal, Hill Hold Control, Electric Parking Brake dengan Auto Vehicle Holding, Dual SRS Airbag, hingga Tire Pressure Monitoring System.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.