Sukses

Berstatus World Premiere, Toyota Yaris Cross Resmi Diperkenalkan di Indonesia

PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi memperkenalkan model terbarunya all new Yaris Cross di Indonesia dengan status pertama dunia. Medium Sport utility vehicle (SUV) ini, hadir dengan Dua pilihan mesin, yaitu bensin dan juga hybrid.

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi memperkenalkan model terbarunya all new Yaris Cross di Indonesia dengan status pertama dunia. Medium Sport utility vehicle (SUV) ini, hadir dengan dua pilihan mesin, yaitu bensin dan juga hybrid.

Henry Tanoto, Wakil Presiden PT TAM mengatakan, Toyota Yaris Cross dikembangkan berdasarkan tren SUV yang tengah berkembang saat ini. Bahkan, penjualan di segmen tersebut, terus tumbuh terlebih pasca pandemi Covid-19.

"Pasar SUV naik dua tahun terakhir di Indonesia, hingga 140 persen," ujar Henry saat peluncuran all new Toyota Yaris Cross, di Jakarta, Senin (15/5/2023).

Berbicara mesin, untuk varian Toyota Yaris Cross bensin dipersenjatai mesin 2NR-VE berkapasitas 1.5 liter. Dengan spesifikasi tersebut, tenaganya mampu mencapai 78 kW dengan torsi 138 Nm.

Sedangkan tipe hybrid mengusung mesin 2NR-VEX dengan mesin bensin menghasilkan tenaga 67 kW/121 Nm dan motor listriknya menghasilkan 59 kW/141 Nm. Jantung penggerak yang tersemat di all new Toyota Yaris Cross ini berbeda dengan yang beredar di Jepang.

Sedangkan harganya sendiri belum diumumkan, tapi pihak Toyota memberikan range banderol antara Rp 300 juta hingga Rp 400 juta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Toyota Bakal Luncurkan 10 Mobil Listrik Baterai pada 2026

Toyota Motor Corporation (TMC) terus bergerak menuju era elektrifikasi untuk berbagai kendaraannya. Bahkan, raksasa otomotif asal Jepang ini, berencana untuk meluncurkan 10 mobil listrik atau battery electric vehicle (BEV) pada 2026.

Hal tersebut, terungkap saat konferensi pers laporan finansial untuk tahun fiskal 2023 (1 April 2023 hingga 24 Maret 2024).

"Ketika datang ke kendaraan listrik baterai, atau BEV, yang berkembang sangat pesat, kami telah menetapkan laju penjualan 1,5 juta unit pada tahun 2026 sebagai volume dasar kami, dan kami berencana untuk meluncurkan 10 model mulai dari kendaraan mewah hingga kompak dan kendaraan komersial, terutama di Amerika Serikat dan Cina," jelas Koji Sato, Chief Executive Officer Toyota TMC, disitat dari laman resmi Toyota Global, Sabtu (13/5/2023). 

Model baru yang dijadwalkan diluncurkan pada 2026, akan dibangun di atas tiga platform baru, body dan sasis, electronic platform, dan perangkat lunak.

"Semuanya akan diperbaharui karena kami bertujuan untuk mencapai mobilitas melalui pengemasan kendaraan baru dengan struktur rasional yang unit untuk BEV," tambah Koji Sato.

Sementara itu, beragam kendaraan listrik Toyota ini, akan diperkenalkan di Japan Mobility Show, pada 25 Oktober hingga 5 November 2023. Pameran ini, sejatinya adalah Tokyo Motor Show berganti nama, dan sempat tidak terselenggara karena pandemi Covid-19.

Dalam presentasi yang diberikan, secara garis besar, Toyota akan meluncurkan dua model listrik di segmen mewah, dua model di segmen SUV tujuh penumpang, pikap listrik alias Innovative International Multi-Purpose Vehicle (IMV) BEV, dan satu mobil listrik dan juga model lainnya, 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini