Sukses

Spesifikasi GR Supra GT4 Milik TGRI yang Bertarung di Ajang GT World Challenge Asia

Toyota GR Supra GT4 yang diturunkan oleh Toyota Gazoo Racing Indonesia punya spesifikasi yang mumpuni untuk melakoni balap bergengsi tersebut

Liputan6.com, Jakarta - Tim balap pabrikan Toyota Gazoo Racing Indonesia, memastikan diri untuk berlaga di ajang balap GT World Challenge Asia seri pertama yang berlangsung di Sirkuit Chang International, Buriram, Thailand, pada akhir pekan ini (13-14/05/2023).

Dalam kesempatan tersebut, TGRI, menurunkan mobil balap Toyota GR Supra yang telah disesuaikan untuk kategori GT4. Sport car dua pintu ini telah mengalami modifikasi baik dari sisi performa, eksterior dan interior untuk meningkatkan kemampuannya di atas lintasan.

Dalam keterangannya, Haridarma Manoppo, pembalap TGRI yang nantinya akan menggeber Toyota GR Supra GT4 ini mengatakan, secara spesifikasi mobil yang ia gunakan masih sama dengan mobil GR Supra pada umumnya.

"Yang pasti shockbreakernya kalau yang ini (spec GT4) sudah diganti, berbeda dengan yang standar. Jadi handlingnya lebih enak. Tapi kalau mesinnya, memang sudah mengalami re-maping di bagian mesin," jelas Haridarma Manoppo.

Beberapa ubahan yang dilakukan di sektor luar, meliputi penyematan lips bumper depan, penggunaan window frame dari bahan karbon, penyematan bonnet pin di kap mesin, dan rear wing besar di bagian belakang.

Pada bagian kaki-kaki, velg pun kini menggunakan versi competitive besutan OZ Racing dengan ukuran diameter 18 inci serta dibalut dengan ban Pirelli P Zero berukuran 305/660 R18.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penggunaan Bahan Karbon dan Memiliki Tenaga 400 tk Lebih

Adapun ubahan yang begitu besar terjadi di bagian interior, di mana beberapa komponen seperti dashboard, lingkar kemudi, jok, sampai bagian belakang juga dieliminasi. Tidak sebatas itu, penggunaan bahan karbon yang berfungsi untuk meringankan bobot, juga diaplikasikan pada mobil balap tersebut.

Beberapa bagian yang menggunakan bahan karbon di interior antara lain dashboard, doortrim, serta beberapa piranti kecil lainnya. Untuk memberikan keselamatan dan menyesuaikan dengan regulasi yang berlaku untuk balap GT, penggunaan rollbar yang terbuat dari baja ringan juga menghiasi bagian dalam.

Bicara tenaga yang dihasilkan, di atas kertas mobil Toyota GR Supra GT4 ini mampu memproduksi 430 tk dan torsi puncak 650 Nm yang berasal dari mesin enam silinder segaris berkubikasi 3.0 liter turbocharged.

3 dari 3 halaman

Infografis Rapat Panas Menko Mahfud Md Vs Komisi III DPR

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini