Sukses

Motor Ditinggal Lama karena Mudik, Ini Enam Hal Penting yang Mesti Dilakukan

Saat mudik ke kampung halaman, masyarakat biasanya akan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil

Liputan6.com, Jakarta - Saat mudik ke kampung halaman, masyarakat biasanya akan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil. Dengan begitu, motor yang dimilikinya, akan ditinggal dalam waktu yang cukup lama di rumah.

Nah, bagi pemudik yang hendak meninggalkan motor dalam waktu yang lama, jangan ditinggalkan begitu saja. Setidaknya, ada enam hal penting yang harus dilakukan, seperti disitat dari laman Federal Oil:

Simpan Motor di Dalam Rumah

Jika rumah dalam kondisi kosong, sebaiknya simpan motor di dalam rumah. Pastikan ruang penyimpanan bersih.

Kunci setang, dan Berikan Pengaman Tambahan

Untuk menghindari tindak kejahatan, sebaiknya saat motor ditinggalkan, kunci stang dan pakai kunci tambahan. Jangan lupa berikan berikan penutup untuk motor.

Gunakan Penyangga Tengah

Saat motor ditinggal mudik, sebaiknya gunakan standar atau penyangga tengah. Beri alas pada bagian ban yang menempel langsung pada lantai, agar tekanan angin tidak cepat berkurang atau mudah kempis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perhatikan Bahan Bakar

Karena motor akan ditinggalkan dalam waktu cukup lama, sebaiknya isi penuh bahan bakar atau kosongkan dengan mengurasnya. Supaya, tak terjadi karat karena proses penguapan ketika mtoor ditinggal lama.

Lepas Kabel Aki

Jika motor akan ditinggal dalam waktu yang lama, cabut kabel yang terhubung dengan aki. Agar tidak ada arus listrik yang terbuang sia-sia. Setelah itu simpan aki di tempat yang aman.

Cuci Motor

Yang tak kalah penting, sebelum berangkat mudik, sebaiknya mtoor dicuci bersih terlebih dahulu. Supaya motor tak mengalami korosi akibat kotoran yang menempel pada bodi atau rangka motor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini