Sukses

Rencana Besar ExxonMobil di Indonesia, Mulai dari Produk Baru Sampai Ekspansi Pabrik

PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI), perusahaan yang menaungi brand pelumas Federal Oil dan Mobil Lubricants terus tumbuh di Indonesia. Hal itu ditandai dengan terus bertambahnya jumlah produksinya dari tahun ke tahun.

Liputan6.com, Jakarta - PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI), perusahaan yang menaungi brand pelumas Federal Oil dan Mobil Lubricants terus tumbuh di Indonesia. Hal itu ditandai dengan terus bertambahnya jumlah produksinya dari tahun ke tahun.

Sri Adinegara, Market Development Director PT EMLI mengutarakan, sebelum diakuisisi ExxonMobil, perusahaan yang sebelumnya bernama PT Federal Karyatama (FKT) memiliki kapasitas produksi sebanyak 165 ribu barel per tahun untuk produk pelumas Federal Oil dan Federal Mobil.

Namun setelah diakuisisi, produksinya naik menjadi 300 ribu barel. Dan kini jumlah produksinya lebih besar lagi.

"Ini menjadi bukti bahwa pasar pelumas baik roda dua maupun roda empat sangat menjanjikan," terang Sri Adinegara di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (6/4/2023) malam.

Dirinya menyebutkan, saat ini kapasitas produksi ExxonMobil Lubricants telah mencapai 700 ribu barel. Dan pihaknya bersiap melakukan ekspansi dengan target peningkatan kapasitas produksi hingga dua kali lipat.

"Kami sekarang sudah mengakuisisi tanah di sebelah pabrik Cilegon untuk lebih menancapkan peran serta kami di Indonesia sebagai penyedia industri pelumas," ujar pria yang akrab disapa Adi.

Selain rencana jangka panjang, ExxonMobil juga menyiapkan strategi lain dengan rencana menghadirkan produk baru dalam waktu dekat.

"Kami akan hadirkan produk baru yaitu pelumas untuk mobil. Produk baru ini merupakan reformulasi dan rencananya diberi nama Mobil1 Next Gen. Ditunggu saja," ujar Adi.

Tak cuma itu, ExxonMobil juga terus memperluas jaringan distribusi penjualan yang berfokus pada area-area potensial, meliputi wilayah di Sumatera, Jawa, dan Bali dengan berkolaborasi melalui mitra jaringan yang saat ini berjumlah lebih dari 40 distributor nasional.

Hal ini untuk menjangkau lebih dari 16 ribu mitra bengkel termasuk Federal Oil Center dan Mobil Car Care, serta bengkel-bengkel independen yang dilayani melalui jaringan distributor di seluruh Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pencapaian

Sekadar informasi, Federal Oil telah menghadirkan sejumlah inovasi dan produk di sepanjang 2022 hingga awal 2023, seperti produk untuk motor matic premium yaitu Federal Racing Matic, dan juga teknologi anti-counterfeit yang disematkan pada kemasan produk.

Selain itu mereka juga menyelenggarakan berbagai program online dan offline yang melibatkan konsumen, mekanik, dan bengkel, seperti promo konsumen Sobek Berhadiah (SOBER), Mechanic Contest, nonton langsung MotoGP dan bertemu pembalap Tim Gresini Racing.

Sementara Mobil Lubricants juga terus berupaya memahami kebutuhan pasar kendaraan roda empat Tanah Air yang saat ini hadir dengan perkembangan teknologi yang baru, dan berbagai kategori untuk semua kalangan.

Didukung dengan aktivasi marketing seperti Mobil1 Bus Double Dekker dan pameran di sejumlah pusat keramaian yang bertujuan memberikan pengalaman tersendiri bagi para target konsumennya, untuk merasakan langsung sensasi berkendara menggunakan produk-produk Mobil Lubricants.

Selain itu, dari sisi Business-to-Business (B2B) Mobilâ„¢ Lubricants juga aktif menyelenggarakan berbagai seminar bagi para pelaku industri yang bekerjasama dengan beberapa asosiasi terkait.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.