Sukses

Finis Kelima di MotoGP Portugal 2023, Alex Marquez Makin Percaya Diri Tatap Seri Berikutnya

Pembalap baru Gresini Racing MotoGP, Alex Marquez, tampil apik pada gelaran MotoGP Portugal 2023. Pembalap asal Spanyol itu berhasil finis kelima.

Liputan6.com, Jakarta - Pembalap baru Gresini Racing MotoGP, Alex Marquez, tampil apik pada gelaran MotoGP Portugal 2023. Pembalap asal Spanyol itu berhasil finis kelima.

Didukung Ducati Desmosedici, Alex Marquez yang start di urutan ke-12 langsung merangsek ke rombongan pembalap terdepan. Hingga menjelang balapan tuntas pun ia terlibat persaingan sengit dengan Jack Miller dan juga Johann Zarco.

"Saya mencoba untuk tetap mempertahankan posisi empat, tapi masih belum cukup menutup di tikungan 14," terang pembalap dengan nomor 73 tersebut.

Dirinya juga mengaku, tampil di balapan pertama ini masih belum ada keluhan, dan pastinya ia dan tim akan hadapi MotoGP Argentina dengan penuh kepercayaan diri.

"Saya akan mengerahkan 100 persen dan pastinya mengejar podium, hal yang belum terwujud sementara ini," ujar Alex.

Hasil positif ini membawa Alex berada di posisi 6 klasemen sementara dalam perburuan Juara Dunia MotoGP 2023 dengan 12 poin.

Sementara itu, nasib kurang beruntung dialami rekan setimnya, Fabio Di Giannantonio, yang tak bisa menyelesaikan balapan akibat Ducati Desmosedici GP22 mengalami kendala aerodinamika.

Pembalap yang akrab disapa Diggia itu menyebut ini bukan lah balapan yang sesuai harapan. "Padahal saya tak lakukan start buruk di balapan, tapi saya kehilangan winglet depan saat masuk tikungan bersama pembalap lain," kata dia.

"Tapi setelah beberapa lap bagian lengan tangan kanan tak bisa merespons sesuai yang diinginkan. Saya tak bisa mengoperasikan tuas rem dan harus memaksa mengakhiri balapan," tambahnya.

"Jadi, sekarang yang kita perlukan adalah bisa segera pulih dan dalam kondisi sehat untuk balapan di Argentina serta bisa kencang," sambungnya lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Performa Alex Marquez Dipuji

Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI), Sri Adinegara, memuji performa dan semangat Alex Marquez dalam memperbaiki hasil balapan, dan berhasil finis di posisi 5.

"Alex Marquez menunjukkan talenta yang menjanjikan pada balapan MotoGP Portugal kemarin, tentunya tidak terlepas juga dari dukungan rekomendasi ahli tim mekanik yang mempersiapkan motor untuk balapan," bebernya.

Hal itu juga terbukti saat sesi Sprint Race pada Sabtu (25/3/2023), Alex Marquez mampu persembahkan poin perdana setelah finis ke-9.

Sri Adinegara pun berharap, Alex Marquez mampu kembali tampil maksimal dan mempersembahkan podium pertamanya bersama Tim Gresini Racing dan Federal Oil pada MotoGP Argentina 2023 di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Minggu (2 April 2023).

Diggia juga diharapkan bisa segera pulih untuk bisa melesatkan kembali Ducati Desmosedici GP22, sehingga bisa meraih hasil yang lebih baik lagi.

"Tentunya akan bikin bangga melihat kedua pembalap bisa bersama-sama ada diatas podium," tutup Sri Adinegara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini