Sukses

Ngecas Mobil Listrik Makin Mudah, PLN Kini Hadirkan SPKLU di Mandalika

Untuk yang terbarunya, kini PLN telah menghadirkan fasilitas pengecasan mobil listrik di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Kehadiran SPKLU tersebut diharapkan untuk dapat menopang tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik di kawasan Pulau Lombok.

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran mobil listrik yang kian bertambah, membuat PLN sebagai penyedia listrik di Indonesia terus menambah titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di beberapa wilayah.

Untuk yang terbarunya, kini PLN telah menghadirkan fasilitas pengecasan mobil listrik di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Kehadiran SPKLU tersebut diharapkan untuk dapat menopang tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik di kawasan Pulau Lombok.

Peresmian SPKLU di KEK Mandalika tersebut, bersamaan dengan gelaran ajang balap internasional World Superbike (WSBK) yang dilakukan beberapa waktu lalu.

“PLN akan terus mendukung keberadaan dari Green Tourism dan Electric Vehicle Insfrastruktur yang merupakan salah satu breakhtrough inisiatif PLN yang telah kita canangkan di tahun 2023 ini", jelas Direktur Keuangan PLN Sinthya Roesly, dalam keterangan resminya.

Dengan beroperasinya SPKLU Mandalika ini maka menjadi fasilitas yang kedelapan di Nusa Tenggara Barat. Adapun tujuh titik SPKLU yang lain berada di beberapa lokasi seperti Kantor Gubernur NTB, Kantor Dinas Perhubungan Provinsi NTB, Kantor PLN NTB, Kantor PLN Unit Pelayanan Pelanggan Selong, SMKN 3 Mataram, MVP Grand Natura dan Hontel Santika Mataram.

Lebih jauh kata Sinthya, PLN telah memiliki roadmap peralihan ke energi hijau demi mencapai net zero emission (NZE) pada tahun 2060 dengan terus memperbanyak pembangkit energi baru terbarukan (EBT) secara bertahap.

Sinthya pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

“Terima kasih rekan-rekan dari ITDC, kita bisa bersinergi dan bekerja sama sehingga SPKLU yang kedelapan ini bisa kita bangun di wilayah Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika,” tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kembali ke Pertambangan, Isuzu Jamin Layanan Purna Jual Prima ke Pebisnis

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) kembali menyediakan kendaraan untuk sektor pertambangan, terhitung sejak 2020. Sejumlah strategi juga dilakukan oleh pabrikan asal Jepang ini, untuk melayani para konsumen alias pebisnis yang memilih kendaraan komersialnya untuk operasional di pertambangan.

Deputy Business Operation Division Head PT IAMI, Moses Kosasih, salah satu strategi yang dilakukan, terutama untuk mendukung layanan purna jual, adalah menempatkan mekaniknya di lokasi pertambangan.

"Namanya mechanic on site, walaupun terlihat simpel, tapi mereka orang paling bisa menjaga dan memberikan prediksi terhadap kerusakan kendaraan di daerah tambang," jelas Moses, saat ditemui di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Tugas dari mekanik Isuzu ini, adalah melakukan pemantauan dan melakukan kontrol atau pengecekan terhadap unit kendaraan komersial Isuzu yang digunakan oleh para pebisnis. Kemudian, ketika ditemui masalah, mekanik ini akan melakukan perbaikan dan perawatan yang dibutuhkan.

"Dengan adanya orang tersebut, kita jadi bisa memprediksi kira-kira kebutuhan after sales atau komponen yang akan segera rusak itu apa saja. Jadi itu adalah hal yang sangat penting," kata dia.

Selain itu, Moses juga mengatakan, untuk perawatan atau servis yang dilakukan untuk kendaraan Isuzu di lokasi tambang, dilakukan setidaknya setiap dua minggu sekali.

3 dari 3 halaman

Infografis Artis Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.