Sukses

Suzuki Grand Vitara Punya Kans Diproduksi di Indonesia, Tapi..

Suzuki Indonesia menggebrak panggung Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 dengan menghadirkan Suzuki Grand Vitara.

Liputan6.com, Jakarta Suzuki Indonesia menggebrak panggung Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 dengan menghadirkan Suzuki Grand Vitara. Meski harganya belum diumumkan secara resmi, pabrikan berlambang 'S' itu mengklaim pemesan SUV legendaris itu mulai berdatangan.

Sayangnya Suzuki tidak mengungkap secara rinci berapa unit Grand Vitara yang telah terpesan. Namun yang pasti, unit siap dikirim ke konsumen pada pertengahan tahun ini.

"Untuk pengiriman unit kami targetkan di semester kedua," terang Harold Donnel, Head of Brand Development & Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di arena IIMS 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, belum lama ini.

Sekadar informasi, Grand Vitara yang diniagakan Suzuki saat ini didatangkan secara utuh dari India. Namun bukan tidak mungkin ke depannya model ini bisa diproduksi di dalam negeri.

Meski begitu, kata Harold, ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi agar SUV lima penumpang itu bisa diproduksi lokal. Salah satunya adalah volume penjualan yang mencukupi.

"Kalau demand-nya tinggi, kami pasti akan mengupayakan untuk produksi lokal. Artinya kemungkinan itu terbuka, kami selalu open karena Indonesia juga punya bargaining position yang cukup tinggi untuk Suzuki Global, selain Jepang dan India," jelasnya.

Sekadar informasi, Suzuki Grand Vitara yang ditawarkan untuk pasar Indonesia terdiri dari dua varian, yakni GL dan GX.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berteknologi Mild-Hybrid

Varian GX memiliki 4 pilihan warna, yakni Pearl Splendid Silver + Black, Pearl Artic White + Black, Pearl Celestial Blue dan Pearl Midnight Black.

Sementara varian GL punya 3 pilihan warna, meliputi Pearl Artic White, Prime Grandeur Grey dan Pearl Midnight Black.

Seperti halnya Ertiga Hybrid, Grand Vitara juga dibekali teknologi mild hybrid yang mengandalkan baterai lithium-ion 6 ampere dan dipadu dengan Integrated Starter Generator (ISG) sebagai pengganti alternator.

Mesin yang diusung memiliki kode K15C berkubikasi 1.500cc Dual Jet. Jantung mekanis tersebut sanggup mengembuskan daya 103 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 136,8 Nm pada 4.400 rpm.

Berbagai fitur keselamatan diadopsi, mulai dari 6 airbags, Electronic Stability Program (ESP), (Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist (BA) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini