Sukses

All New Toyota Agya 2023 Resmi Diperkenalkan, Simak Perbedaan dengan Pendahulunya

PT Toyota Astra Motor resmi memperkenalkan Agya generasi terbaru, kemarin (13/2). All New Agya 2023 ini diklaim mengalami peningkatan dari berbagai aspek.

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota Astra Motor resmi memperkenalkan Agya generasi terbaru, kemarin (13/2). All New Agya 2023 ini diklaim mengalami peningkatan dari berbagai aspek.

Henry Tanoto selaku Vice President PT Toyota Astra Motor menjelaskan bahwa seiring dengan perkembangan teknologi dan tren, kebutuhan masyarakat dalam mobilitas juga berkembang.

“Kami lakukan beberapa perubahan mendasar yang membuat mobil ini lebih maju dan modern,” ucap Vice President PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto pada saat media briefing.

Oleh karena itu, citycar milik Toyota ini dirombak secara keseluruhan dan mengalami beberapa perubahan.

“Pertama platform baru yang menghasilkan desain lebih atraktif, kedua performa baru mulai dari mesin, transmisi, hingga suspensi,” lanjut Henry.

Toshihiro Nakaho selaku Executive Chief Engineer Toyota menjelaskan beberapa perbedaan Agya gen-2 dengan Agya gen sebelumnya.

Menggunakan mesin baru berkode WA-VE dengan kapasitas 1.200cc, Toyota Agya tipe G dapat menghasilkan torsi maksimal sekitar 113 Nm pada 4.500 rpm dengan tenaga 74 hp. Sementara itu, Agya generasi satu menghasilkan torsi puncak sekitar 107 Nm pada 4.200 rpm dengan tenaga 64 hp.

Klaim akselerasi 40-60 km/jam dapat dicapai dengan waktu 6,7 detik. Angka ini setengah detik lebih cepat dibanding Agya lama dengan waktu 7,3 detik.

Bagian suspensi juga tidak dilupakan. Menurut data dari Toyota, kualitas suspensi 15 persen lebih baik dari pendahulunya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dimensi

Dari segi ukuran badan, dimensi Agya baru memiliki ukuran panjang 3.760 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.505 mm dan wheelbase 2.525 mm.

Jika dibandingkan, ukuran ini lebih rendah dibanding gen-1, tetapi mobil ini tetap lebih unggul pada ukuran panjang, lebar, dan wheelbase.

Selain itu, daya angkut juga ditingkatkan dengan menambah panjang bagasi menjadi 610 mm.

Terakhir konsumsi bahan bakar. All New Agya diklaim memiliki konsumsi BBM sekitar 21,0 Km/L (matic) dan 21,7 Km/L (manual).

Di sisi lain, konsumsi BBM Agya sebelumnya sebesar 19,7 Km/L (matic) dan 19,9 Km/L (manual).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.