Sukses

Sering Terlupakan, Jok Sepeda Motor Juga Butuh Kasih Sayang

Jok sepeda motor menjadi salah satu komponen yang cukup penting, dengan fungsi sebagai tempat duduk pengendara dan penumpang

Liputan6.com, Jakarta - Jok sepeda motor menjadi salah satu komponen yang cukup penting, dengan fungsi sebagai tempat duduk pengendara dan penumpang. Hal tersebut, tentu saja berhubungan dengan kenyamanan saat menggunakan roda dua, terutama saat melakukan perjalanan jauh.

Namun, banyak pemilik sepeda motor yang seringkali mengabaikan perawatan jok sepeda motor. Dengan begitu, berikut beberapa tips perawatan jok sepeda motor yang diberikan oleh Yamaha:

1.Perhatikan parkir motor

Konsumen tidak hanya memanfaatkan sepeda motor sebagai alat transportasi. Namun juga harus memperhatikan beberapa poin meskipun terlihat sederhana, termasuk memarkir motor. Parkir di tempat terbuka membuat sepeda motor terkena panas serta hujan dan dapat berdampak buruk jika terjadi secara terus menerus, salah satunya bagian jok motor.

Efek jok motor yang terlalu sering terkena panas dan hujan membuat jok mudah rusak seperti kaku dan robek. Selain efek dari cuaca, terdapat beberapa faktor lain yang dapat dengan mudah merusak jok motor seperti cakaran kucing, gesekan dari pengendara lain dan sebagainya.

Dengan begitu, ada baiknya untuk dapat memilih parkir yang tertutup yang tidak langsung terkena matahari. Jika tidak ada area parkir yang tertutup, disarankan untuk menggunakan cover jok agar jok motor Anda tidak mudah rusak.

2.Membersihkan jok

Berbeda dengan body dan mesin motor, jok motor jangan terlalu sering dicuci dengan sabun. Karena efek dari sabun pembersih kurang baik jika terlalu sering terkena jok, dikhawatirkan jok yang sering terkena sabun pembersih akan membuat jok lebih cepat rusak atau robek.

Untuk membersihkan jok, disarankan hanya mengelapnya saja dan bahan yang digunakan yaitu kain lap berbahan micro fiber dan air. Dan jika terdapat noda yang susah dihilangkan, disarankan untuk menggunakan cairan pembersih khusus yang aman terhadap kulit jok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3.Perhatikan barang bawaan

Selain sebagai alat transportasi, fungsi sepeda motor saat ini sebagai alat angkut barang bawaan sehari-hari baik dari skala yang kecil sampai yang besar. Oleh sebab itu, berhati-hati dalam membawa barang terutama untuk yang ditaruh di atas jok.

Jika barang yang dibawa kotor, basah atau memiliki sudut yang tajam pastinya sangat berbahaya bagi jok motor.

Selain jok motor kotor, bisa mengakibatkan jok robek. Selain itu, berat dari bawaan perlu dipertimbangkan karena selain berbahaya bagi diri sendiri, muatan yang berlebihan dapat membahayakan pengendara lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.