Sukses

Catat Tanggalnya, Balap Motor Jalanan Polda Metro Jaya Bakal Digelar Lagi 27 Januari 2023

Balap motor jalanan yang digelar oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro jaya, akan kembali dilangsungkan pada 27 sampai 29 Januari 2023

Liputan6.com, Jakarta - Balap motor jalanan yang digelar oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro jaya, akan kembali dilangsungkan pada 27 sampai 29 Januari 2023. Ajang adu kebut resmi seri kelima ini, akan dilaksanakan di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Polda Metro Jaya kembali menggelar acara 1st Anniversary Street Race 2023. Bagi anda penggemar otomotif datang, dan saksikan pada hari Jumat-Minggu, 27-29 Januari 2023 di Jl. Benyamin Sueb Kemayoran Jakarta Pusat," dalam keterangan tertulis Ditlantas Polda Metro Jaya, disitat dari NTMC Polri, Selasa (24/1/2023).

Dijelaskan lebih lanjut, acara ini akan memperlombakan nomor drag race 500 meter khusus kendaraan roda dua. Untuk memastikan ketepatan penilaian panitia akan menyediakan sensor di garis start dan finis, serta tidak menggunakan timer atau pengukur waktu.

Selain drag race yang menjadi event utama, panitia juga menghadirkan sejumlah event lain seperti kontes modifikasi, bazar otomotif dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), ajang freestyle motor, safety riding polwan dan event tinju, festival musik dengan bintang tamu antara lain Rocket Rockers, Club Dangdut Racun, Tom Kill Jerry, Eirene, CMB dan Female Project.

Polda Metro Jaya berkomitmen merangkul serta memfasilitasi generasi muda pecinta kecepatan untuk mencari prestasi melalui ajang resmi, sehingga tidak lagi melakukan balapan liar yang mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat.

Kegiatan tersebut dinilai efektif untuk mengurangi jumlah balap liar terbukti tingginya minat peserta dalam gelaran yang sudah diselenggarakan sebanyak empat kali diantaranya di Ancol, seri kedua di BSD, Tangerang Selatan, seri ketiga di Meikarta, Cikarang dan seri keempat di Kemayoran, Jakarta Pusat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tempat yang Cocok

Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat, dinilai cocok sebagai lokasi balap jalanan karena konstruksi jalan sesuai untuk balap dan luas yang memadai untuk menampung para pembalap serta penonton. Selain itu, Kemayoran juga telah lama menjadi lokasi balapan liar para joki dan komunitasnya.

Ajang street race ini juga bisa menjadi wadah bagi para pembalap yang ingin menyalurkan hobi balap secara resmi dan aman. Terdapat sejumlah syarat keselamatan yang wajib diikuti oleh peserta yakni wajib mengenakan helm full face, mengenakan minimal jaket dan celana panjang berbahan jenas tebal atau baju overall balap serta menggunakan sarung tangan dan sepatu. Kemudian, peserta juga wajib memastikan rem berfungsi dengan baik.

Sedangkan bagi peserta yang masih di bawah umur wajib melampirkan surat pernyataan orang tua dan wajib dibawa saat daftar ulang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.