Sukses

Hyundai Creta dan Stargazer Lakoni Uji Tabrak ASEAN NCAP, Ini Hasilnya

Hyundai Creta dan Stargazer melakoni serangkaian uji tabrak yang dilakukan ASEAN NCAP (New Car Assessment Program for Southeast Asian Countries).

Liputan6.com, Jakarta - Hyundai Creta dan Stargazer mendapat hasil cukup meyakinkan dalam rangkaian uji tabrak yang dilakukan ASEAN NCAP (New Car Assessment Program for Southeast Asian Countries).

Tercatat, Hyundai Creta mendapat rating lima bintang dengan nilai keseluruhan 75,7 poin, sedangkan Hyundai Stargazer meraih empat bintang dengan total nilai 66,48 poin.

Lebih detail, Creta memperoleh 34,72 poin untuk pengujian Adult Occupant Protection (AOP). Lalu 15,56 poin untuk Child Occupant Protection (COP), 14,08 poin untuk Safety Assist (SA) dan 11,42 poin untuk Motorcyclist Safety (MS).

Hyundai Creta dilengkapi dual airbag sebagai standar di seluruh varian. Meski ada juga yang menyediakan hingga enam airbag di beberapa pasar Asia Tenggara.

Selain itu, juga sudah tersedia electronic stability control (ESC), anti-lock braking system (ABS), seatbelt reminder system (SBR) untuk penumpang depan, ISOFIX untuk pemasangan carseat anak-anak, dan teknologi perlindungan pejalan kaki di semua varian.

Hyundai juga menyematkan teknologi canggih seperti autonomous emergency braking (AEB) perkotaan, AEB untuk luar kota, AEB untuk pejalan kaki, forward collision warning (FCW), lane keep assist (LKA), lane departure warning (LDW), auto high beam (AHB) dan blind spot detection (BSD) di kiri dan kanan.

Terpenting, Creta juga menawarkan child presence detection dan rear cross traffic collision avoidance assist (RCCA) untuk pesepeda motor sebagai opsional.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Poin Hyundai Stargazer

Pihak ASEAN NCAP memberikan pujian terhadap RCCA. karena bisa mendeteksi objek mendekati kendaraan baik di sisi kiri dan kanan.

Teknologi mampu memberikan peringatan pada pemgemudi dan menginisasi pengereman secara otomatis untuk menghindari terjadinya risiko tabrakan. Meski fitur opsional, teknologi ini memberikan dampak besar pada konsumen.

Hyundai Stargazer secara detail mendapatkan nilai 31,21 poin di pengujian AOP, 14,48 poin di COP, 12,04 poin di SA dan 8,75 poin di MS> Fitur standar LMPV ini adalah dual airbag, ABS, SBR untuk penumpang depan, ISOFIX, dan teknologi perlindungan pejalan kaki.

Model yang dijual di Thailand memiliki fitur ESC sebagai standar. Creta juga menghadirkan fitur LDW, FCW, LKA, AEB perkotaan, AEB di luar perkotaan, AEB untuk pejalan kaki, AHB dan BSD di sisi kiri dan kanan kendaraan.

Hasil pengujian menunjukkan keseriusan Hyundai dalam memberikan produk yang aman dan nyaman. Penilaian menggunakan protokol terbaru ASIAN NCAP 2021-2025 terdiri dari AOP sebesar 40 poin, COP, SA dan MS masing-masing 20 poin.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini