Sukses

Cara Ganti Minyak Rem Sepeda Motor, Jangan Diabaikan

Fungsi rem di sepeda motor sangatlah penting. Komponen ini, bertugas untuk memperlambat laju kendaraan untuk akhirnya berhenti dan mencegah tabrakan atau terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Liputan6.com, Jakarta - Fungsi rem di sepeda motor sangatlah penting. Komponen ini, bertugas untuk memperlambat laju kendaraan untuk akhirnya berhenti dan mencegah tabrakan atau terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Performa rem sepeda motor, tentunya didukung dengan penggunaan minyak rem yang berfungsi untuk mendorong piston di kaliper agar kampasbisa menekan piringan cakram saat menekan tuas rem.

Mengingat pentingnya peran minyak rem tersebut, maka konsumen perlu memperhatikan perawatannya dan mengetahui cara mengganti minyak rem. Berikut, tips dari Yamaha, terkait penggantian minyak rem:

1. Siapkan Minyak Rem

Bagi pemilik kendaraan yang ingin mengganti minyak rem di rumah, bisa membeli terlebih dahulu di bengkel resmi atau toko online. Untuk minyak rem sendiri memiliki jenis yang berbeda, bisa melihat langsung di tutup tabung minyak rem yang berada di handle sepeda motor, biasanya bertuliskan DOT 3 atau DOT 4.

2. Mengganti Minyak Rem

Pertama, buka terlebih dahulu cover lampu sepeda motor (khusus tipe tertentu) dengan menggunakan obeng atau kunci L. Setelah cover lampu terbuka, lalu buka tabung minyak rem menggunakan obeng. Setelah itu buka buangan minyak rem yang berada di dekat kaliper rem cakram bagian depan dengan menggunakan kunci pas.

Ketika minyak rem sudah keluar dari lubang buang, segera masukkan minyak rem yang baru sampai minyak rem yang lama abis dan tergantikan dengan minyak rem yang baru, tujuannya untuk meminimalisir masuknya udara dalam selang rem. Apabila terdapat udara dalam selang minyak rem dikhawatirkan dapat mengurangi kinerja rem.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips selanjutnya

Selain itu, Anda juga bisa melihat panduan pada tulisan di tutup tabung minyak rem. Kami sarankan untuk memilih minyak rem dengan warna yang sama dengan bawaan pabrik. Jangan lupa diperhatikan takaran di tabung minyak rem, yang tujuannya agar Anda bisa melihat langsung batas maksimal dan minimal dalam pengisian minyak rem.

3. Tutup dengan Rapat

Setelah semua selesai kami sarankan untuk menutup dengan rapat tabung minyak rem untuk menghindari keluarnya minyak rem pada saat digunakan dan menjaga tekanan minyak rem, pastikan tidak ada debu dan kotoran yang masuk di dalam tabung minyak rem.

Untuk penggantian minyak rem direkomendasikan setiap 25.000 km atau setiap 2 tahun.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Motor Listrik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.