Sukses

Diproduksi Lokal, Kawasaki Stockman 230 Sudah Diekspor Sejak Oktober 2022

Liputan6.com, Jakarta - PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) baru-baru ini merilis Kawasaki Stockman 230. Motor trail bergaya klasik ini cocok untuk menunjang pekerjaan di area perkebunan.

Untuk diketahui, Kawasaki Stockman 230 berstatus CKD (Completely Knock Down) alias rakitan lokal. Sebelum dijual resmi Kamis (1/12/2022), motor ini ternyata sudah lebih dulu diekspor ke beberapa negara.

Michael C. Tanadhi selaku Head Sales & Promotion PT KMI mengatakan, unit Stockman buatan dalam negeri sudah dikapalkan ke pasar Eropa, Australia, dan Amerika sejak Oktober 2022.

"Kita sudah mulai ekspor Kawasaki Stockman sejak Oktober kemarin. Kenapa rilis di Indonesia 1 bulan setelahnya, karena kita harus ikut aturan embargo dari Kawasaki global dan mau tidak mau harus delay sedikit peluncurannya di Indonesia," kata Michael kepada OTO.com, (2/12/2022).

Negara tujuan ekspor Kawasaki Stockman made in Indonesia juga disebutkan bakal bertambah mengikuti permintaan global.

"Itu tujuan kita untuk 2022 ini, tapi tahun depan kita lihat lagi bagaimana karena ada masalah kekurangan barang bahkan untuk seluruh merek. Untuk saat ini negara-negara itu yang kita push," pungkasnya.

Dirinya juga memastikan bila unit dari Stockman di pasar Indonesia tersedia tanpa perlu inden di batch pertama. Bila jumlahnya sudah habis, pengiriman selanjutnya bakal dilakukan pada Februari 2023.

"Untuk pemesanan batch pertama ini kita pastikan ready karena kami sempat tahan sebentar untuk peluncuran. Nanti untuk batch ke-2 akan dilakukan pengiriman pada Februari 2023," jelasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Pakai Basis KLX 230

Kawasaki Stockman yang meluncur di Indonesia menggunakan basis mesin dari KLX 230. Namun secara tampilan dibuat sedikit berbeda, pendekatannya ke arah motor light off-road klasik.

Stockman mengusung sasis yang dirancang untuk trail-riding. Sehingga mempunyai keunggulan sama seperti KLX series. Menyoal dimensi dia memiliki panjang 2.105 mm, lebar 920 mm, dan tinggi 1.110 mm.

Sementara jarak poros roda 1.350 mm, ground clearance 220 mm, berat kering 137 kg, dan kapasitas bahan bakarnya 7,5 liter.

Urusan performanya, motor ini dibekali jantung pacu berkubikasi 233 cc, SOHC, 2 valves, berpendingin udara dan sudah injeksi. Perbandingan kompresi 9.4:1 masih sanggup menenggak Pertalite.

Tenaga puncak tercatat sebesar 18,7 Hp di 7.600 rpm dan torsi 19,8 Nm di putaran 6.100 rpm. Outputnya disalurkan lewat penggerak rantai lewat transmisi manual 6 percepatan.

Bila berminat, Kawasaki Stockman dilepas dengan banderol Rp57,5 juta off the road dan hanya memiliki 1 opsi warna Olive Green. Pengiriman unit ke garasi konsumen sudah dimulai sejak 1 Desember kemarin. 

Sumber: Oto.com

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS