Sukses

Pengalaman Berbeda dan Unik Delegasi KTT G20 Berkendara dengan Mobil Listrik di Bali

Ada 300 unit Wuling Air ev yang dikerahkan untuk mobilitas para delegasi negara G20 dan organisasi internasional selama gelaran KTT G20 di Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil listrik Wuling Air ev menjadi Official Car Partner KTT G20 Bali. Ada 300 unit Wuling Air ev yang dikerahkan untuk mobilitas para delegasi negara G20 dan organisasi internasional selama gelaran KTT G20 di Bali.

Menurut Brand and Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani para delegasi yang diantar-jemput menggunakan Wuling Air ev cukup antusias saat berkendara dengan mobil listrik berukuran compact itu.

"Mereka merasakan pengalaman yang berbeda dan unik. Kita lihat bahwa beberapa kali juga delegasi mengabadikan momen berkendaranya bersama dengan Wuling Air ev," ungkap Dian saat ditemui Liputan6.com di Bali Collections, Nusa Dua, Bali, ditulis Jumat (16/11/2022).

Salah satu delegasi yang merasakan sensasi naik mobil listrik selama G20 berlangsung adalah Duta Besar Belanda untuk Indonesia Lambert Grijns. Ia menilai G20 Bali sangat bagus telah memperkenalkan kendaraan listrik. 

"Saya pikir ada lebih dari 1.000 kendaraan listrik untuk G20. G20 menunjukkan bahwa Indonesia kini akhirnya menganut konsep mobil listrik," kata Grijns kepada Liputan6.com di Nusa Dua, Bali. 

Menurutnya, di negara-negara Eropa seperti Belanda, mobil listrik sudah banyak lalu-lalang di mana-mana. Salah satu alasan mengapa orang membeli mobil listrik karena lebih murah. 

"Ujung-ujungnya, biaya operasional mobil listrik jauh lebih rendah, jauh lebih murah dibanding mobil konvensional," ujarnya. 

"Senang melihat banyak kendaraan listrik di sini," imbuh Grijns.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komitmen Indonesia pada Perubahkan Iklim

Kementerian Sekretariat Negara RI mempersiapkan armada mobil listrik yang digunakan dalam perhelatan KTT G20 sejak Februari 2022. Selaras dengan salah satu isu proritas G20 yaitu transisi energi, kendaraan listrik turut menjadi salah satu infrastruktur pendukung pelayanan transportasi VVIP dan delegasi dari negara G20 yang hadir pada puncak kegiatan KTT G20 pada 15-16 November 2022 di Nusa Dua, Bali.

"Momentum Presidensi G20 ini sangat penting tentunya bagi Indonesia, kepercayaan besar sebagai negara berkembang pertama yang menjadi pemegang Presidensi G20. Penyediaan mobil listrik merupakan komitmen Indonesia terhadap perubahan iklim, menuju energi berkelanjutan, mengelola transisi energi sampai net zero emission yang telah menjadi target tahun 2060," ungkap Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Kemensetneg tidak hanya menyiapkan pengaturan kendaraan yang terkoordinir baik namun juga termasuk penyediaan pengemudi kendaraan listrik yang berasal dari masyarakat Bali sebagai wujud pelibatan masyarakat lokal yang telah diberikan pelatihan khusus Wuling untuk pengoperasian kendaraan dan mekanisme charging.

Pada pengaturan operasional kendaraan listrik Wuling di lapangan, Wuling turut menyiapkan tim untuk menerapkan sistem monitoring kondisi baterai secara online dan penentuan waktu check in dan check out. Setiap harinya kendaraan yang telah digunakan akan dilakukan recharging di Wuling Jimbaran Pool yang khusus disediakan selama perhelatan akbar ini berlangsung. Adapun penataan ruang parkir kendaraan telah dirancang dengan rapi guna memudahkan pengaturan penggunaan kendaraan tersebut.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.