Sukses

NMAA dan IATO Serahkan Super Giveaway Skuter Matic Hybrid

Sebagai bentuk apresiasi kepada pewarta terkait kehadiran event Indonesia Modification and Lifestyle Expo 2022 yang digelar pada 1-2 Oktober 2022, NMAA sebagai penyelenggara event tersebut resmi memberikan super giveaway skuter matic hybrid kepada salah satu jurnalis yang beruntung.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai bentuk apresiasi kepada pewarta terkait kehadiran event Indonesia Modification and Lifestyle Expo 2022 yang digelar pada 1-2 Oktober 2022, NMAA sebagai penyelenggara event tersebut resmi memberikan super giveaway skuter matic hybrid kepada salah satu jurnalis yang beruntung.

Skuter matic hybrid ini merupakan sebuah prototipe yang telah mengalami konversi dari motor konvensional menjadi motor hybrid di mana pengoeprasiannya bisa menggunakan mesin konvensional dan full baterai untuk penggeraknya. 

“Dalam ekosistem industri modifikasi dan aftermarket, pemberitaan rekan-rekan media dan wartawan otomotif berperan penting dalam mengenalkan visi dan misi para insan modifikasi di Indonesia. Atas seluruh atensinya kami percaya jika beragam kreasi buatan asli anak bangsa semakin dikenal dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” buka Andre Mulyadi selaku Founder NMAA dan IMX Project Director di Jakarta, Selasa (1/11/2022). 

Kehadiran motor konversi listrik ini tentu sejalan dengan Peraturan Presiden No. 55 Tahu 2019 tentang Percepatan Penggunaan Kendaraan Listrik Berbasis Baterai.

Berbekal hal tersebut, Andre menyimpulkan bahwa melalui konversi motor listrik ini hanya tinggal menunggu waktu karena saat ini sudah banyak bengkel modifikasi mobil maupun motor yang sudah menghasilkan produk konversi dari mesin combustion ke versi hybrid atau listrik.

“Kolaborasi NMAA dan IATO dari produk prototype motor konvensional ke versi hybrid pertama kalinya ini merupakan wujud nyata hasil karya sesuai tingginya tren penggunaan kendaraan listrik di Indonesia saat ini. Dalam menyambut target produksi 2 juta motor listrik pada 2030 mendatang, NMAA dan IATO mencoba berkontribusi memberikan inovasi prototype motor hybrid dari basis Honda BeAT,” tambah Andre.

Melalui rangkaian tersebut, Ketua Umum Forum Wartawan Otomotif, Indra Prabowo, turut menyampaikan bahwa melalui Journalist Competition diharapkan bisa memicu para jurnalis atau wartawan otomotif untuk terus mengembangkan minat, bakat, serta kreativitas dalam berkarya di bidang jurnalistik.

"Untuk itu, wartawan otomotif berupaya terus mendukung dari segi pemberitaan dengan misi yang sama. Kami optimis jika dunia otomotif nasional mampu semakin berkembang dan kompetitif untuk terus merangkul lebih banyak potensi – potensi yang lahir dari tangan kreatif insan modifikasi Tanah Air," lanjut Indra Prabowo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Skuter Matic Hybrid

Selain menawarkan emisi gas buang yang lebih rendah untuk mengurangi efek pemanasan global dan tingginya harga BBM, konversi tersebut juga sejalan dengan peraturan pemerintah soal percepatan kendaraan berbasis listrik yang saat ini mulai digencarkan pemerintah. 

Kendaraan prototype bertenaga hibrida ini memiliki desain lebih sporty dan futuristik. Mesin bawaan bertenaga 110 cc kini disandingkan dengan baterai lithium ion Ferro Fosfate (LiFePO4) 60 Volt 25 Ampere (1.500 Wh) yang terdapat di bawah jok.

Baterai tersebut diproduksi oleh perusahaan lokal PT Sentramitra Dayautama. Untuk daya tempuhnya sendiri mampu menjangkau hingga 60 km dan kecepatan maksimal 90 kpj. 

Secara teknis, prototype bernama Hi-Brid ini ditempuh dengan cara mencangkok motor penggerak listrik dalam format hub (BLDC) ke bagian as roda belakang. Dalam prosesnya, BLDC kemudian ditambah lengan ayun pada bagian kanan, kemudian kabel BLDC menghubungkan controller dan baterai management system (BMS).

Sistem Hybrid on Demand yang diusungnya dapat dipilih sesuai kebutuhan pengendara, sehingga pengoperasian mesin bakar atau motor penggerak dapat diatur dengan mudah melalui tombol atau saklar cut-off yang terdapat di bagian setang motor. 

Beberapa part modifikasi di unit motor hybrid ini di dukung oleh para tuner dan bengkel spesialis Indonesia, seperti tampilan bodi mendapat grafis bergaya futuristis dari Dice Sticker, sektor lampu sepenuhnya digarap oleh Yoong Motor Indonesia, sementara bagian jok dikerjakan oleh Vertue Concept.

Sementara itu dalam proses pengerjaan keseluruhan konversi dan modifikasi termasuk garnish depan, aero winglet samping dan tengah untuk menambah kesan aerodinamis dikerjakan langsung di bengkel DJ Custom.

3 dari 3 halaman

infografis motor listrik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.