Sukses

Mau Cat Mobil Selalu Kinclong Seperti Baru, Simak Tips Ampuh dari Daihatsu

Liputan6.com, Jakarta - Tidak hanya soal performa mesin, pemilik juga wajib menjaga tampilan mobil kesayangan. Salah satunya adalah merawat agar kondisi cat tetap kinclong, layaknya mobil baru.

Supardi, Body Painting Instructure Service Training Department PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan, ada beberapa tips untuk merawat cat mobil agar tetap kinclong.

"Pertama, simpan kendaraan di garasi untuk menghindari terik matahari, air hujan, kotoran hewan, getah pohon dan faktor eksternal lainnya," ujar Supriadi di sela-sela workshop dengan jurnalis, dengan tema Basic Painting, Selasa (25/10/2022).

Lanjut Supriadi, jika pemilik mobil tidak memiliki garasi, bisa menggunakan cover mobil yang berbahan halus dan kuat terhadap cuaca (tidak luntur).

Kemudian, cuci mobil secara rutin, minimal seminggu sekali menggunakan yang air bersih. Wajib diperhatikan juga penggunaan shampoo mobil yang tepat, dan saat mencuci mobil dilakukan pada tempat yang sejuk.

"Lalu, periksa cat bodi mobil secara berkala dari benda asing maupun cairan, dan bersihkan dengan menggunakan kain halus seperti microfiber," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Poles mobil

Tips terakhir untuk menjaga cat mobil, adalah melakukan perawatan pemolesan yang perlu dilakukan paling tidak enam bulan sekali untuk menjaga tampilan tetap dalam kondisi baik dan mengkilap.

"Pemilik mobil dapat memilih material poles atau wax yang baik dan tidak berbahaya terhadap cat atau bebas amonia," pungkasnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS