Sukses

Harga di Bawah Rp 400 Jutaan, Medium SUV Ini Punya Fitur Segudang

Liputan6.com, Jakarta - Sport Utility Vehicle (SUV) menjadi salah satu jenis mobil diminati oleh masyarakat Indonesia. Kemampuannya dalam menampung lebih banyak penumpang, serta memiliki ruang penyimpanan barang yang tergolong luas, dan fleksibilitas menjadi beberapa alasan tersebut.

Di kelas medium SUV, sudah banyak brand otomotif yang bermain misalnya Hyundai Creta dan Honda HR-V. 

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), wholesale sales SUV medium (kompak) pada Agustus mencapai angka 4.837 unit. Dan HR-V masih yang terbanyak kontribusinya.

Dari segi harga, Hyundai Creta dan Honda HR-V dibanderol sekitar Rp 400 jutaan. Detailnya, untuk Hyundai Creta Prime IVT dipatok di harga Rp 404.000.000, dan Honda HR-V SE CVT dibanderol Rp 405.100.000.

Jika banderol tersebut dirasa kemahalan, medium SUV dari Wuling yaitu Almaz RS EX bisa jadi pilihan Rp 364.100.000. 

Selain sanggup mengakomodir tujuh penumpang, Almaz RS EX juga memiliki segudang fitur yang mampu memanjakan pengemudi sekaligus penumpangnya. Pasalnya, Creta dan HR-V tersedia dalam konfigurasi 5 seater.

Meskipun harganya di bawah Rp 400 juta, lantas fitur-fitur apa saja yang dimiliki Wuling Almaz RS EX?

Sebagai smart SUV, Almaz RS EX dibekali Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) yang merupakan gabungan dari Advanced Driving Assistant System (ADAS) dan Internet of Vehicle (IoV).

Adapun di Hyundai Creta juga sudah mengadopsi fitur-fitur serupa yang mereka sebut dengan Hyundai SmartSense dan BlueLink, sedangkan di Honda HR-V ada Honda Sensing.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Fitur-Fitur Unggulan

ADAS sendiri terdiri dari deretan fitur yang terbagi dalam beberapa group seperti Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance & Braking Assistance.

Untuk kategori Adaptive Cruise terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC) dan Bend Cruise Assistance (BCA). Sementara Safe Distance Braking Assistance terdiri dari Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW) dan Automatic Emergency Braking (AEB).

Sementara IoV dapat menghubungkan pengguna dengan kendaraan melalui aplikasi My Wuling+ dan head unit yang didukung dengan perintah suara berbahasa Indonesia, Wuling Indonesian Command (WIND).

Menariknya, dengan WIND pengguna dimungkinkan melakukan pengoperasian berbagai fitur di mobil hanya dengan mengucapkan perintah dalam bahasa Indonesia, seperti mengatur AC, buka tutup jendela, memutar musik, membuka panoramic sunroof menginformasikan tanggal dan waktu, serta mengakses aplikasi online.

Melalui IoV pengguna Almaz RS EX juga dapat menjadikan gawai pintarnya menjadi remote control kendaraannya. Beragam hal yang dapat dioperasikan antara lain membuka tutup jendela, memanaskan mesin, menyejukkan kabin, mengetahui lokasi mobil, sampai dengan geo fencing.

SUV bermesin 1.500cc turbo ini juga dilengkapi berbagai fitur keselamatan, seperti Electronic Stability Control (ESC), Traction Control System (TCS), Antilock Braking System (ABS), dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD).

Selain itu, terdapat pula Emergency Stop Signal (ESS), Hill Hold Control (HHC), SRS Airbag (front & side), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), ISOFIX, 360 Camera, Front and Rear Parking Sensor.

Untuk pilihan warnanya cukup beragam, di antaranya Pristine White, Carnelian Red, Aurora Silver, Starry Black, dan Dazzling Silver.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS