Sukses

Isuzu Tunggu Kepastian dari Pemerintah Soal Elektrifikasi Kendaraan Komersial

Liputan6.com, Jakarta - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) masih menunggu terkait kepastian pemerintah, untuk pengembangan elektrifikasi di sektor kendaraan komersial Tanah Air. Meskipun begitu, pabrikan asal Jepang ini, memastikan memiliki teknologi kendaraan listrik yang siap dibawa ke Indonesia.

Sebelumnya, di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, Isuzu sendiri telah memperkenalkan truk listrik.

"Di GIIAS, kita juga melakukan diskusi tertutup, bersama dengan pihak terkait, seperti pemerintah, PLN, dan juga pengusaha truk. Intinya, seluruh pihak itu memang memiliki blue print terkait kendaraan listrik, namun masih masing-masing belum terintegrasi satu sama lain," jelas Marketing Communications Manager IAMI, Puti Annisa Moeloek, menjawab pertanyaan Liputan6.com terkait elektrifikasi Isuzu, di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (7/10/2022).

Lanjut Annisa, pemerintah sendiri memang terbuka dengan teknologi baru yang akan dibawa oleh setiap pabrikan. Namun, jika berbicara akselarasi ke kendaraan listrik, pastinya membutuhkan investasi yang besar, dan tidak bisa sembarangan.

"kalau ditanya, pihak APM saja yang bawa produk, tapi ekosistemnya belum siap, pasti tidak akan jalan. Itu juga berlaku untuk mobil penumpang, apalagi mobil komersial yang pastinya lebih kompleks dan harganya lebih mahal," tambah wanita ramah tersebut.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Bus commuter

Namun, ketika ditanya segmen apa yang lebih memungkinkan untuk bisa masuk ke kendaraan listrik, Annisa mengatakan lebih kepada bus yang digunakan untuk commuter dengan jarak tempuh dan rute yang memang sudah ditentukan.

"Paling memungkinkan memang bus commuter, yang rutenya jelas, tidak terlalu panjang (jaraknya), dan harus bikin titik pengisian baterai di mana, sudah diketahui," pungkas Annisa.

Sebagai informasi, Isuzu sendiri memang telah memamerkan truk listrik di GIIAS 2022. Meski hanya bersifat prototipe, tapi model ini langsung didatangkan dari Jepang sebagai bahan studi kepada khalayak Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.