Sukses

Banyak BPKB Disekolahin Buat Modal Renovasi Rumah Selama Pandemi COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Istilah "BPKB Disekolahin" tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Ya, istilah tersebut memiliki arti menggadaikan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) untuk dijadikan jaminan dalam pengajuan pinjaman dana melalui perusahaan pembiayaan.

Salah satu perusahaan pembiayaan yang memiliki layanan peminjaman dana tunai dengan jaminan BPKB adalah Adira Finance. Saat pandemi Covid-19 yang terjadi dua tahun belakangan ini, layanan tersebut ternyata banyak diminati masyarakat yang sedang membutuhkan dana segar.

Uniknya, banyak yang memanfaatkan pinjaman dana itu untuk merenovasi rumah. Namun tak sedikit yang menggunakannya sebagai modal usaha.

"Di saat pandemi kemarin, banyak yang digunakan untuk renovasi rumah mungkin karena banyak yang WFH (work from home)," terang Antonius Danny Hendarko, Deputy Director – Head of National NDC, Retention & Durable Adira Finance di JIExpo Kemayoran, Jakarta, belum lama ini.

Lalu, lanjut dia, buat biaya pendidikan juga cukup tinggi. "Kemudian untuk modal usaha," tambah Danny.

"Karena sudah tidak pandemi, kami akan hadirkan promo jalan-jalan. Mudah-mudahan program ini nanti dapat membantu yang mau healing," sambungnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Program Pintar

Adira Finance sendiri memiliki program pinjaman dana tunai ringan (Pintar) yang pengajuannya hanya bisa di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2022.

"Program Pintar kami perkenalkan khusus di Jakarta Fair Kemayoran 2022 sebagai solusi kebutuhan atas pinjaman dana dengan proses persetujuan cepat. Jika semua persyaratan sudah lengkap, pengajuan dapat disetujui dalam waktu kurang dari 1 jam," kata Gita Amanda, Head of Digital Business Partnership Adira Finance.

Disebutkan, pinjaman dana di atas Rp 6 juta dengan jaminan BPKB motor akan mendapatkan bunga 1,66 persen serta cashback uang tunai hingga Rp 300 ribu dan 75 ribu Adirapoin.

Sementara jaminan BPKB mobil mendapatkan bunga 0,66 persen dengan cashback uang tunai hingga Rp 1 juta, serta 150 ribu Adirapoin.

Dirinya juga menyebut, pihaknya telah menerima ribuan BPKB dari pelanggan yang melakukan pengajuan pinjaman dana selama penyelenggaraan JFK 2022.

"Selama event JFK 2022, (yang sekolahin BPKB) sudah di atas 1.000an. Kebanyakan (BPKB) motor. Bisa dibilang 90 persennya dari motor," tutup Gita.