Sukses

Rem Bus Blong Diduga Jadi Penyebab Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang

Liputan6.com, Jakarta Pihak kepolisian menduga kecelakaan beruntun yang melibatkan belasan kendaraan di Tol Cipularang KM 92 arah Jakarta, Minggu malam (26/6/2022) disebabkan oleh bus yang mengalami rem blong. 

Dilansir kanal Regional Liputan6.com, Kepala Induk Patroli Jalan Raya (PJR) Ruas Tol Cipularang AKP Denny Catur, Senin (27/6/2022) mengatakan, kecelakaan beruntun terjadi saat Bus Laju Prima nopol B 7602 XA melaju dari arah Bandung menuju Jakarta menabrak beberapa kendaraan di depannya.

 "Kendaraan bus Laju Prima diduga mengalami rem blong. Sehingga menabrak kendaraan yang ada di depannya," katanya.

Kecelakaan beruntun yang melibatkan beberapa kendaraan itu terjadi saat situasi lalu lintas sedang padat, mengingat Minggu menjadi hari peningkatan arus lalu lintas.

Akibat kecelakaan itu, terdapat tiga orang mengalami luka berat dan 16 orang luka ringan. Korban kecelakaan langsung dibawa ke Rumah Sakit Abdul Radjak Purwakarta. Akibat kecelakaan beruntun itu sempat terjadi kepadatan menjelang lokasi kejadian.

Untuk mengurai kepadatan, atas diskresi kepolisian mulai pukul 21.50 WIB hingga 23.34 WIB dilakukan pengalihan lalu lintas secara situasional, yaitu kendaraan yang menuju Jakarta dialihkan keluar Padalarang Timur, untuk kemudian dapat masuk kembali melalui Gerbang Tol Jatiluhur.

Pihak Jasa Marga dalam siaran persnya menyebutkan kalau pada Senin dini hari, lokasi kejadian telah bersih dan lalu lintas kembali normal.

Sejumlah kendaraan yang terlibat kecelakaan dibawa ke pool derek Gerbang Tol Jatiluhur.

Atas kejadian itu, pihak Kepolisian dan Jasa Marga mengimbau pengguna jalan agar selalu memastikan kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Bus Rombongan Haji Kabupaten Merangin Kecelakaan, Bagaimana Kondisi 117 Calhaj?

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Provinsi Jambi mengirim bus untuk menjemput jamaah calon haji asal Kabupaten Merangin yang mengalami kecelakaan di Kecamatan Batin XXIV saat berangkat menuju asrama haji.

"Bus yang membawa rombongan JCH asal Kabupaten Merangin tergelincir di Kecamatan Batin XXIV, Kabupaten Merangin. Kita sudah kirimkan bus untuk menjemput jamaah di sana," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi Zoztafia di Jambi, Minggu, dikutip Antara.

Zoztafia menjelaskan JCH yang mengalami musibah tersebut tergabung dalam kelompok terbang 12 bersama dengan JCH asal Kabupaten Sarolangun, Bungo dan Tebo. Zoztafia memastikan musibah yang di alami rombongan JCH Kabupaten Merangin tersebut tidak mempengaruhi jadwal keberangkatan.

JCH asal Jambi yang tergabung dalam kloter tersebut tetap akan berangkat menuju embarkasi Batam pada Senin (27/6) pagi dari Bandara Sultan Thaha Jambi menuju Bandara Hang Nadim Batam, selanjutnya melanjutkan perjalanan ke Jedah, Arab Saudi.