Sukses

Bocoran Skutik Adventure Honda, ADV160 atau ADV250?

Bocoran calon motor baru Honda terpantau dalam laman resmi Data Kekayaan dan Intelektual (PDKI) Kemenkumham Republik Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Bocoran calon motor baru Honda terpantau dalam laman resmi Data Kekayaan dan Intelektual (PDKI) Kemenkumham Republik Indonesia.

Pada laman tersebut sebuah motor matik berperawakan adventure dengan nomor permohonan A00202200481 sudah didaftarkan sejak 17 Februari 2022. Adapun untuk nomor persetujuan dari Direktur Putusan sudah dikeluarkan pada 3 Maret 2022.

Paten desain tersebut didaftarkan langsung oleh Honda Motor.co.Ltd yang beralamat di Minami Aoyama, Minatoku, Tokyo Jepang. Tertera juga 4 nama perancang desainnya yakni Daiki Goto, Fimuya Isono, Hiroki Yoshitomi, dan Keisuke Arai yang semuanya berkewarganegaraan Jepang.

Bila merujuk gambar purwarupa yang ditampilkan, memang mengacu kepada Honda ADV160 baru. Peluangnya dilahirkan memang besar, mengingat belum lama ini Astra Honda Motor (AHM) sudah merilis Vario 160 yang secara platform mesin serupa dengan ADV.

DNA desainnya nyaris sama dengan Honda ADV150, dimulai dari bentuk windscreen yang tinggi, lampu utama yang sipit, garis bodi yang kekar, sampai rancang kaki-kaki belakang bertabung.

Hanya dari desain tersebut ada penambahan komponen handguard, penggunaan suspensi depan jenis upside-down, knalpot yang lebih besar, dan perbedaan layout tampilan lampu belakang.

Mungkin saja ini adalah improvement tampilan yang akan terjadi pada generasi baru ADV150. Bila benar menggendong mesin yang serupa dengan Honda Vario 160.

Artinya all new ADV akan dijejali mesin 4-Valve, eSP+ berpengabut bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Sementara untuk ukuran diameter x langkah sebesar 60 mm x 55,5 mm.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkiraan Jika Bukan ADV160

Bila merujuk performa Vario 160 daya maksimum mampu terbuncah hingga 11,3 kW (15,4 PS)/8.500 rpm. Kemudian torsi maksimum 13,8 Nm (1,4 kgf,m)/7.000 rpm. Skutik ini menggunakan kopling kering sentrifugal dan penyaluran jenis CVT.

Jika bukan Honda ADV160, maka nama ADV 250 bisa masuk calon motor baru di Indonesia. Dari detail gambar memang visualnya terlihat lebih besar, menggunakan kaki-kaki yang lebih proper, sampai pengaplikasian paket handguard layaknya ADV350 di Eropa.

Analisa ADV 250 juga layak dijual di Indonesia karena AHM sudah lebih dulu menjual Forza 250. Perusahaan tak perlu repot-repot meriset serta investasi lebih untuk menggunakan jantung pacu baru.

Lagipula pabrikan berlogo sayap mengepak ini kerap kali menggunakan mesin yang sama namun membedakan secara desain motor saja.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini