Sukses

Cina Lockdown Lagi karena COVID-19, Toyota Tutup 8 Pabrik Selama 6 Hari

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Motor Corp, Selasa (10/5/2022), mengumumkan akan menangguhkan operasi 14 jalur perakitan di 8 pabrik Jepang hingga enam hari pada Mei 2022. Hal tersebut, karena negeri Tirai Bambu ini menerapkan lockdown akibat kasus COVID-19 yang kembali tinggi, dan jenama asal Negeri Matahari terbit ini akan kesulitan mendapatkan pasokan suku cadang.

Disitat Reuters, penghentian pabrik ini akan berlangsung 16 hingga 21 Mei 2022. Dengan penutupan tersebut, akan mempengarui output sekitar 30 ribu unit kendaraan.

Selain itu, dengan penutupan pabrik tersebut akan memangkas target produksi global untuk Mei 2022, sekitar 50 ribu unit menjadi hanya 700 ribu unit.

Pengumuman Toyota ini, merupakan satu dari banyak pabrikan yang harus menutup pabrik akibat lockdown di Shanghai. Sebelumnya, tesla juga telah menghentikan sebagian besar produksinya, untuk mengamankan suku cadang kendaraan listrik.

Produsen asal Amerika Serikat ini, terpaksa hanya akan memproduksi sebanyak 200 unit per hari, sebelum kembali tancap gas mengejar produksi sebanyak 2.000 unit per hari pada pekan depan.

Shanghai sendiri, kini telah memasuki pekan keenam lockdown, karena kasus Covid-19 yang kembali tinggi.

Penjualan mobil di Cina sendiri diperkiran mengalami penurunan yang signifikan, sebesar 48 persen. Sebelum lockdown, penjualan kendaraan listrik di Shanghai tengah booming, dengan penjualan Tesla meningkat 56 persen pada kuartal pertama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Toyota Vios Terbaru Mulai Uji Jalan

Toyota Vios terbaru masih dalam tahap pengembangan. Kabarnya, sedan anyar tersebut siap diperkenalkan pada kuartal ketiga tahun ini. Demikian laporan headlightmag.com beberapa waktu lalu.

Disebutkan, Toyota Vios terbaru akan menggunakan sasis Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang diklaim dapat meningkatkan pengendalian sekaligus menaikkan tingkat keselamatan.

Namun mesin pada mobil ini tidak berubah dari model sebelumnya. Sedangkan dari sisi desain, mobil ini akan mengambil inspirasi dari Daihatsu DN-F Concept yang sempat mejeng di Gaikindo International Auto Show (GIIAS) 2017.

Baru-baru ini akun Instagram @kurdistan_automotive_blog mengunggah sebuah mobil sedan di Thailand. Meski belum dikonfirmasi oleh Toyota, sedan tersebut diduga kuat sebagai New Toyota Vios.

Mobil misterius ini tertutup kamuflase, membuat banyak bagian dari Toyota Vios terbaru belum banyak terungkap.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia