Sukses

Tidak Lagi Disewakan, Motor Listrik Honda Dijual di Indonesia pada 2024

Honda juga sudah melakukan pengembangan dengan melakukan penyewaan untuk PCX Electric

Liputan6.com, Jakarta - Pasar motor listrik di Indonesia, baru saja kedatangan satu model baru, Yamaha E01. Meskipun baru akan dites pasar, pada semester dua 2022, namun motor ramah lingkungan dari pabrikan asal Jepang ini cukup mendapatkan sambutan yang positif dari masyarakat Tanah Air.

Sejatinya, sebelum Yamaha, Honda juga sudah melakukan pengembangan dengan melakukan penyewaan untuk PCX Electric. Namun, motor ini hingga saat ini memang belum ada tanda-tanda untuk bisa dijual secara retail dan tidak lagi disewakan secara B2B.

"Memang di awal sampai dengan hari ini kita masih skema B2B rental. Dua tahun terakhir, setelah kita launching PCX Electric, pandemi Covid-19 melanda, dan studi semuanya mengalami kemunduran," jelas Thomas, seperti disitat dari Oto.com, ditulis Rabu (27/4/2022).

Saat ini Honda terus mempelajari berbagai aspek terkait kendaraan listrik dan perkembangannya, mulai dari performa, safety, dan kebiasaan masyarakat terhadap motor listrik.

Saat ini, PCX listrik direntalkan di beberapa daerah seperti Jakarta, Bandung, sampai Bali dan hasil dari itu akan dikumpulkan untuk dipelajari peluangnya dijual secara resmi.

Sementara itu, terkait rencana niaga untuk motor listrik, Thomas mengatakan sejalan dengan strategi pabrikan dan beberapa rencana dengan partner di 2024 AHM akan akan meluncurkan satu motor listrik yang statusnya bisa dimiliki secara pribadi oleh konsumen.

"Tentu inline dengan apa yang sudah disampaikan juga oleh partner kami, kita harapkan di 2024 sudah bisa menemukan suatu model yang memang cocok dengan masyarakat Indonesia. Dari sisi penggunaan, infrastruktur, safety, kenyamanan, termasuk performanya. Kita harapkan bisa dapat itu," masih kata dia.

"Kita terus lihat kondisinya bagaimana dengan kebutuhan konsumen. Kita akan sesuaikan untuk nanti bisa launching atau hadirkan model baru yang sesuai dengan kondisi masyarakat," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tampilan Mirip, Yamaha E01 Bakal Dirilis Sebagai NMax Listrik?

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) siap melakukan tes pasar untuk motor listrik E01. Rencananya, pada semester kedua 2022, akan hadir 20 unit roda dua ramah lingkungan dari Jepang ini untuk bisa dicoba oleh rekan-rekan media atau wartawan dan juga konsumen umum secara gratis.

Pengujian Yamah E01 ini akan dilakukan minimal satu tahun, untuk bisa diketahui kebiasaan masyarakat saat mengendarai motor listrik, serta ketahanan baterai untuk nantinya bisa diperbaiki dan diputuskan untuk dijual di Tanah Air atau tidak.

Dyonisius Beti, Executive Vice President & COO PT YIMM mengatakan, Yamaha E01 ini diharapkan bisa menjadi Yamaha NMax versi ramah lingkungan. Tidak heran, pasalnya, motor nol emisi dari pabrikan garpu tala ini memang memiliki tampilan yang mirip dengan skuter maxi yang cukup laris di pasaran tersebut.

"Jadi ini NMax versi listriknya, untuk itu kami tidak hanya ingin jual versi combusition engine, tapi juga NMax yang ramah lingkungan," jelas Dyonisius Beti, di Jakarta belum lama ini.

Lanjutnya, diharapkan Yamaha E01 ini bisa ditermia dengan baik oleh masyarakat Indonesia. "Karena memang modelnya mirip seperti NMax yang sudah diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia, dan seluruh dunia," tegasnya.

Sementara itu, terkait rencana produksi Yamaha E01 di Indonesia, Dyonisius sendiri mengatakan hingga saat ini belum ditentukan akan diproduksi di mana. Jika melihat sumber daya di Indonesia, terutama baterai memang cukup memungkinkan motor listrik asal Jepang ini dibuat secara lokal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini