Sukses

Ditjen Perhubungan Darat Apresiasi Hino dalam Menekan Angka Kecelakaan

Liputan6.com, Jakarta - Peresmian fasilitas pelatihan keselamatan berkendara yang dibangun oleh PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), disambut baik oleh Direktorat Jenderal Hubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Dalam sambutannya secara daring, Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Hubungan Darat Kementerian Perhubungan ini menjelaskan bahwa langkah yang dilakukan oleh PT HMSI dalam meresmikan fasilitas tersebut merupakan sebuah langkah yang baik untuk keselamatan bersama.

"Hino tidak hanya berorientasi sebagai bisnis semata, tapi masalah integrasi dari pengemudi dan operator juga menjaga keselamatan, Jadi yang dibangun Hino adalah investasi yang cukup baik," jelas Budi Setiyadi.

Tentunya, langkah yang ditempuh oleh Hino Motors Sales Indonesia dalam menghadiri fasilitas keselamatan ini sejalan dengan peraturan dan perundang-undangan tentang kendaraan di Indonesia.

"Dalam hal memenuhi persyaratan dan sejalan dengan peraturan No 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan, maka setiap kendaraan bermotor harus memenuhi syarat teknis dan juga harus dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan," tambah Budi.

Menurutnya, dalam menekan angka kecelakaan yang ada di Indonesia, pemerintah tidak hanya bisa bekerja sendiri. Melainkan, hal tersebut juga mendapatkan bantuan dari pihak lain yakni Agen Pemegang Merk (APM).

"Pemerintah melalui Undang-Undang No 22 tahun 2009 tidak akan sukses jika tidak ada peran dari operator, pengemudi dan APM. Satu hal yang saya lihat, kalau APM seperti Hino ini, saya tidak hanya memberikan satu jempol, tapi saya akan berikan 2 jempol untuk Hino," imbuh Budi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pemerintah Bakal Bangun 16 Titik Balai Pengujian Laik Jalan untuk Kendaraan

Sementara itu, dalam langkah yang akan dilakukan oleh pemerintah adalah mereka akan membangun Balai Pengujian Laik Jalan yang nantinya akan memiliki 16 titik.

"Saat ini Balai Pengujian Laik Jalan di Bekasi, Jawa Barat. akan membangun 16 fasilitas pengujian dengan alokasi 10 fasilitas indoor dan 6 untuk outdoor," tandas Budi.

3 dari 3 halaman

Infografis Sekolah Terpapar Covid-19, Contoh Kasus di Jakarta