Sukses

8 Tips Jitu Menikmati Perjalanan Bersama Mobil Kesayangan Meskipun Sedang Kesulitan

Liputan6.com, Jakarta - Melakukan perjalanan bersama mobil kesayangan melakukan kegiatan menyenangkan bagi pencinta otomotif. Namun, perjalanan tidaklah selalu mulus, terutama saat hujan deras turun.
 
Hujan deras biasanya menimbulkan kemacetan, genangan air, pohon tumbang, hingga mobil bermasalah. Berikut 8 tips menghadapi masalah yang muncul saat berkendara dikutip dari Auto2000.
 
1. Berdamai dengan Keadaan
Langkah ini merupakan cara yang paling sederhana untuk mengatasi stres dengan menyadari bahwa masalah dalam perjalanan adalah hal yang tidak dapat dihindari dan siap menerima apapun risikonya. Gunakan waktu untuk berpikir dan menenangkan diri sejenak dari berbagai aktivitas yang menyita konsentrasi. 
 
2. Bikin Kabin Mobil Senyaman Rumah
Usahakan saat berada di dalam kabin mobil seperti berada di ruang keluarga rumah. Pastikan mobil terjaga kebersihannya dan tambahkan pengharum kabin agar suasana terasa lebih homy. Pastikan pula AC mobil dingin dan perangkat pendukung lain seperti head unit dan wiper mobil berfungsi dengan baik.
 
3. Atur Posisi Duduk Senyaman Mungkin
Posisi berkendara yang tepat bukan hanya Anda bisa mengantisipasi segala kondisi, namun juga menciptakan suasana rileks dan tenang. Caranya, duduk jangan terlalu tegak yang bikin cepat lelah, tapi juga tidak terlalu rebah yang malah sulit mengantisipasi keadaan. Usahakan memegang setir dengan rileks namun tetap dapat melakukan manuver dengan cepat dan aman.
 
 
* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.
2 dari 3 halaman

4. Siapkan Playlist Musik Kesayangan

Mendengarkan musik adalah salah satu aktivitas yang dapat menenangkan perhatian dijalan. Hal ini diperlukan untuk mengurangi paparan sumber stres terhadap pikiransecara terus menerus. Pilihlah jenis musik yang disukai dan dapat memperbaiki mood,namun jangan terlena saat mendengarkan musik, pastikan tetap fokus saat mengemudi.
 
5. Pilih Rute Perjalanan Terbaik
Pilih rute perjalanan yang bisa diandalkan dengan memanfaatkan peta digital via smartphone. Pantau media sosial atau radio untuk mengantisipasi masalah akibat hujan seperti pohon tumbang atau banjir.
 
6. Lakukan Stretching Ketika Jalan Macet
Melakukan beberapa gerakan untuk meregangkan otot dapat memperlancar aliran darah dan membantu menekan stres. Lakukan dengan memberikan kontraksi pada otot tendon kaki, jari tangan dan leher, serta tahan dalam waktu 8 hingga 10 detik selama beberapa kali hingga otot tidak terasa kaku.
 
7. Jaga Emosi Saat Mengemudi Mobil
Jangan terpancing emosi saat ada pengguna jalan lain melakukan kesalahan seperti memotong lajur. Jangan pula turut melakukan manuver agresif yang membahayakan pengguna jalan yang lain. Dengan menjaga emosi, energi tubuh tidak terkuras untuk hal yang tidak penting dan menjauhkan diri dari stres.
 
8. Menjaga Kondisi Mobil
Menjaga kondisi mobil wajib hukumnya saat memasuki musim hujan demi keamanan dan kenyamanan berkendara di jalan. 
3 dari 3 halaman

Infografis 12 Cara Sehat Hadapi Stres Era Pandemi Covid-19