Sukses

Ini Peran Tim R&D Daihatsu Indonesia dalam Pengembangan Mesin Rocky 1.2 Liter

Pengembangan varian Rocky 1.2 L ini dilakukan juga oleh tim R&D Indonesia, dan juga tim Daihatsu Motor Company, Jepang

Liputan6.com, Jakarta - Daihatsu Rocky varian mesin 1.2 L telah meluncur di Indonesia sejak Juni 2021. Model ini menemani 1.0 L turbo yang telah lebih dulu hadir.

Mesin terbaru 1.2 L untuk Daihatsu Rocky ini diklaim, khusus dikembangkan untuk pasar otomotif Tanah Air, sekaligus menjadi pertama di dunia yang digunakan untuk model low sport utility vehicle (LSUV) terbaru dari pabrikan asal Jepang tersebut.

Dijelaskan Audi Tarantini, R&D Testing Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), pengembangan varian Rocky 1.2 L ini dilakukan juga oleh tim R&D Indonesia, dan juga tim Daihatsu Motor Company, Jepang.

Selain itu, mobil ini juga telah melewati serangkaian uji tes jalan dengan beragam 24 kondisi jalanan di Indonesia.

"Peran tim R&D Indonesia sendiri, memberikan masukan terkait kondisi di Indonesia, lingkungan karena tanjakan di sini juga banyak, termasuk temperatur intake mesin," jelas Audi di sela-sela test drive Daihatsu Rocky 1.2 L di Karawang, Jawa Barat, Selasa (5/10/2021).

Lanjut Ruri, temperatur yang terlalu tinggi bisa membuat over heat dan akan membuat drop mesin. Dan hal tersebut, akan mempengaruhi performa mesin terutama dalam hal melewati tanjakan di Indonesia.

"Semua itu yang kita selidiki di sini, semua hasil riset kita kasih di Jepang untuk dikembangkan. Di Indonesia kondisinya seperti ini, termasuk bahan bakar, cara berkendara, itu yang kita kasih," tegasnya.

Dalam hal spesifikasi, Rocky 1.2L menggunakan mesin baru bertipe 1.2L WA-VE 3 silinder, memiliki performa bertenaga dan dapat melewati jalanan menanjak yang menggambarkan kondisi jalanan Indonesia, responsif, sekaligus tetap irit bahan bakar.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur lain

Dimensi Daihatsu Rocky 1.2 L berukuran 4.030 mm x 1.710 mm x 1.635 mm. Dengan ground clearance setinggi 200 mm, serta radius putar 4,9 meter, serta sistem kemudi bertipe EPS (Electric Power Steering).Mesin mobil tersebut, dikawinkan dengan teknologi transmisi terbaru Daihatsu, yaitu Dual Mode CVT (Continuously Variable Transmission).

Dalam hal keselamatan, Rocky 1.2L dilengkapi dengan fitur terkini, seperti HSA (Hill Start Assist), yang mampu mencegah mobil agar tidak mundur saat berhenti di jalanan menanjak; VSC (Vehicle Stability Control) mencegah over steer dan under steer ketika berbelok; SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang; serta rear parking camera yang dapat membantu visibilitas pengendara agar lebih aman saat bermanuver mundur.

Selain itu, Rocky 1.2 L juga telah menyematkan fitur ABS (Anti-Lock Brake System), dan EBD (Electronic Brake Force Distribution) untuk memaksimalkan pengereman agar kendaraan tetap dapat dikontrol ketika melakukan pengereman terlalu dalam saat panik atau darurat, serta memberikan distribusi tekanan pengereman yang merata pada seluruh roda sesuai kondisi berkendara.

Daihatsu Rocky 1.2L juga dilengkapi dengan berbagai fitur terkini, seperti LED headlamp & rear combi lamp, start stop button, 7” TFT Metercluster dengan 4 mode tampilan, touchscreen audio 7 inch dengan smartphone connectivity, serta pelek berdiameter 16 inch yang membuat tampilan model ini terlihat lebih tangguh.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Tingkat Kelaparan Penduduk Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini