Sukses

Sejarahnya Mobil di Indonesia Pakai Setir Kanan

Ini sejarah kenapa Indonesia menjadi negara yang mengadopsi setir mobil di sebelah kanan.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia menjadi negara yang mobil-mobilnya mengadopsi setir kanan dan semua kendaraan bermotor berjalan di sebelah kiri. Berbeda dengan kebanyakan negara yang menggunakan setir sebelah kiri dan kendaraan bermotor berjalan di sebelah kanan.

Posisi setir mobil di Indonesia berada di sebelah kanan tidak terlepas dari sejarah penjajahan Belanda.

Kala itu, kendaraan-kendaraan Belanda menerapkan sistem setir kanan, seperti dikutip dari Worldstandarts.eu, Selasa (14/9/2021).

Konsep tersebut kemudian berubah menjadi setir kiri setelah Prancis menjajah Belanda. Namun, sistem setir kanan tetap berlaku di beberapa negara jajahan Belanda, termasuk Indonesia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penjajahan Jepang

Sistem ini tetap bertahan seiring penjajahan Jepang di Indonesia pada masa Perang Dunia II. Jepang juga menerapkan sistem setir kanan, bahkan sampai sekarang.

Selain Indonesia, beberapa negara lain juga menerapkan sistem setir kanan, seperti Australia, Bangladesh, Inggris, Malaysia, Hong Kong, dan India.

Berbagai negara di Afrika Selatan pun banyak yang menggunakan konsep tersebut.

3 dari 3 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan RI

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.