Sukses

Beli Toyota Land Cruiser Sama dengan Uji Kesabaran, Ini Alasannya

Konsumen yang melakukan pemesanan Toyota Land Cruiser 300 harus menunggu hingga 4 tahun lantaran pusat produksi di Jepang harus ditutup karena kekurangan pasokan microchip

Liputan6.com, Jakarta - Setelah mendapatkan antusiasme yang begitu baik pasca peluncuran Toyota Land Cruiser terbaru beberapa waktu lalu, kini, Toyota mengatakan mereka kewalahan dengan banyaknya pesanan dari para konsumennya di seluruh dunia.

Jumlah pesanan model SUV yang masuk tersebut tidak diimbangi dengan kesiapan produksi yang ada di fasilitas perakitan di Jepang. Pasalnya, melansir Carsguide Australia, pabrik Toyota di Jepang harus ditutup selama satu bulan penuh karena kelangkaan komponen dan microchip.

Dampaknya, mereka harus menahan produksi sehingga konsumen yang sudah melakukan pemesanan di seluruh dunia harus bersabar karena produksi belum bisa dilaksanakan.

Tidak tanggung-tanggung, jika biasanya masa inden mobil hanya berkisar enam bulan sampai satu tahun, untuk model terbaru ini dikatakan bisa mencapai masa tunggu selama 4 tahun.

Masih melansir laman tersebut, menurut informasinya, Toyota di Jepang kebanjiran pesanan dengan mengalami peningkatan hingga 400 persen dari kapasitas produksi biasanya. Untuk itu, mereka belum memiliki rencana apa yang akan dijalankan untuk mensiasati masa tunggu tersebut.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dua Model yang Terkena Dampak Inden Hingga 4 Tahun

Adapun model yang terdampak mengalami masa inden empat tahun tersebut adalah model ZX dan trim GR-Sport. Di mana, kedua model tersebut mendapat antusias yang paling tinggi karena di Jepang sendiri model tersebut menjadi yang paling laris dengan porsi 90 persen.

"Pengiriman Toyota Land Cruiser 300 yang sangat dinanti oleh pelanggan akan tertunda. Seperti yang disarankan sebelumnya, produksi Land Cruiser di Jepang telah dihentikan untuk sebagaian Agustus dan sebagian besar September karena pembatasan Covid-19 di Asia Tenggara yang menyebabkan kekurangan suku cadang," tulis pernyataan resmi Toyota.

Meski demikian, untuk batch pemesanan pertama SUV terbaru tersebut dijadwalkan akan tetap dikirim ke konsumen pada tahun ini. Paling tidak, konsumen yang sudah memesan dari gelombang pertama akan mendapatkan unit Land Cruiser 300 ini pada Desember 2021.

3 dari 3 halaman

Infografis: Perjalanan Wabah dan Vaksinnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.