Sukses

Honda CBR600RR Tiba di Indonesia, Langsung Dipertemukan dengan Pembeli Pertamanya

PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya menghadirkan Honda CBR600RR edisi 2021

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya menghadirkan Honda CBR600RR edisi 2021. Seremoni penyambutan model anyar ini digelar Honda Big Bike selaku divisi khusus motor besar AHM di Astra Motor BSD City, Kamis (2/9/2021). 

Hadir dengan warna Tricolor, ia menggunakan mesin baru DOHC 599cc 4-silinder yang lebih bertenaga, torsi lebih besar, desain pendukung downforce, dan berbagai teknologi baru lainnya.

"Suatu kesempatan besar kita merayakan hari ini kita akan membuka sama-sama CBR 600 RR dan Bro Ron adalah konsumen pertama di Indonesia," Dharma Widjaja, Marketing Dept Head Astra Motor yang menyempatkan diri hadir dalam kesempatan ini.

Kehadiran motor sport 600 cc berharga setengah miliar rupiah lebih ini dimaksudkan untuk menyapa pembeli pertamanya, yakni pegiat roda dua Ronald Sinaga alias Bro Ron.

"Honda CBR600 adalah motor pertama saya waktu di Amerika di tahun 2000. Tipe yang saya gunakan waktu itu CBR600 F4," kenang Bro Ron.

Mesin dan tenagaDaya mesinnya terdongkrak dibanding generasi sebelumnya, yakni menjadi 89 kW (121 PS)/14.000 rpm. Torsi puncak diklaim sangat besar mencapai 64 Nm pada 11.500 rpm. Peningkatan ini didukung oleh perubahan camshaft dan crankshaft.

Embel-embel RR sejak penciptaan awalnya memang berangkat dari niat berbeda. Bukan dikembangkan dari roadbike lalu dimodifikasi untuk balap, melainkan dibangun sebagai prototipe balap, lalu lalu kemudian masuk proses produksi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga

Dengan konsep "Awaken The Race", CBR600RR dilengkapi kontrol elektronik terbaru dan teknologi aerodinamis. Misalnya saja, desain fairing ber-headlight baru minim area frontal dengan koefisien drag yang lebih kecil terhadap angin.

Begitu pula winglet yang terinspirasi dari RC213V di MotoGP, yang diklaim secara efektif memberikan down force hingga meningkatkan stabilitas saat pengereman dan di tikungan.

Dengan posisi dan desain tangki bahan bakar dibuat lebih rendah agar pengendara lebih mudah menunduk, ia semakin beraura balap karena didukung layar TFT full digital dengan tingkat penerangan layar yang otomatis menyesuaikan kondisi cuaca sekitar, dengan 2 mode pilihan, Street dan Circuit.

HargaHonda CBR600RR menggunakan assist/slipper clutch supaya tuas kopling semakin ringan, sekaligus mengurangi efek engine brake saat turun gigi transmisi. Sementara throttle by wire memungkinkan bukaan gas semakin presisi.

Honda CBR600RR edisi 2021 terbilang cukup mahal di antara kelas 600 cc lainnya. Dengan harga Rp 550.000.000. Namun, berderet-deret perubahan yang disematkan membuat hal tersebut sangat terbayarkan.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jangan Ragu, Vaksin Covid-19 Dipastikan Aman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.