Sukses

Ini Pentingnya Ganti Oli Mesin Secara Teratur

Liputan6.com, Jakarta - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dilakukan pemerintah, membuat banyak kendaraan yang dimiliki masyarakat banyak berdiam di rumah. Meski kendaraan jarang dipakai, pemilik harus tetap melakukan perawatan berkala agar tunggangan selalu siap saat akan digunakan.

Salah satu perawatan yang bisa dilakukan adalah ganti pelumas atau oli mesin secara teratur.

"Dengan melakukan pergantian pelumas secara rutin, berarti kita menjaga kualitas oli di dalam mesin supaya tetap dalam kondisi yang baik. Lakukan pergantian sebelum olinya mengalami penurunan kualitas atau bahkan kerusakan," terang Bayu Kurniawan, Head Of Marketing PT Perkasa Teknologi Indolube (Motul Indonesia).

Kini status PPKM turun level sehingga membuat aktivitas masyarakat kembali tinggi. Hal itu bisa dilihat dari kondisi lalu lintas di sejumlah ruas jalan yang mulai ramai bahkan cenderung padat.

Kondisi jalan yang macet ataupun saat menempuh perjalanan jauh membuat mesin kendaraan bekerja lebih ekstra.

Menurut Bayu, apabila mesin terlalu lama bekerja keras di suhu yang sangat tinggi, maka ada kemungkinan oli memuai. "Oleh karenanya, pergantian rutin membuat kapasitas oli di dalam mesin akan selalu penuh sesuai standar kebutuhan," tambahnya.

Lebih lanjut Bayu mengingatkan agar selalu menggunakan pelumas mesin berkualitas.

"Pelumas seperti ini memiliki bahan dasar dan juga zat aditif yang berkualitas, ini berarti oli tersebut akan berdaya tahan tinggi, tidak cepat rusak dan tidak gampang memuai, membuat kerja mesin jadi lebih ringan dan minim gesekan karena bagian dalam mesin terlapisi dengan baik," ujarnya.

Dirinya menyebutkan, Motul Super Power memiliki kriteria seperti yang disebutkan di atas. Pasalnya, pelumas ini berbahan dasar 100 persen Synthetic.

"Oli ini bisa tahan terhadap beban yang lebih besar dalam suhu tinggi dalam waktu yang lebih lama. Kandungan dispersant dan detergent-nya membuat mesin lebih bersih sehingga gesekan juga semakin berkurang. Melindungi lebih lama, performa lebih tangguh," jelasnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pembuktian Lewat Touring

Dalam sebuah kesempatan, Motul Indonesia memberikan kesempatan pada anggota Journalist Max Community (JMC) untuk merasakan dua produk andalan mereka, yakni Scooter Power 5W-40 yang ditujukan untuk XMax dan Scooter Expert LE 10W-40 untuk NMax.

JMC mencoba kualitas yang ditawarkan pelumas asal Prancis tersebut dengan melakukan touring Road to Curug Cipamingkis, Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (28/8/2021). Jalur yang dilalui tergolong ekstrem karena kontur jalannya yang naik turun khas daerah perbukitan.

"Mobilitas tinggi jurnalis melakukan peliputan harian memerlukan pelumas yang memberikan perlindungan mesin, meningkatkan performa dan juga efisiensi bahan bakar," beber Lutfi Ilhamy, Managing Director Motul Indonesia.

Disebutkan, Motul Scooter Expert LE dan Scooter Power memiliki keunggulannya masing-masing.

Motul Scooter Expert LE yang berbahan dasar Technosynthese memiliki performa yang baik dan juga irit BBM. Dengan formula anti oxidation di pelumas dapat mencegah penuaan usia pelumas, serta mampu menekan emisi gas buang. 

Adapun untuk Motul Scooter Power yang berbahan dasar 100 persen synthetic, memiliki keunggulan dalam hal perlindungan suhu tinggi yang sangat baik, terutama untuk penggunaan di dalam kota.

Berstandarisasi API SN dan JASO MB, Motul Scooter Power cocok dipakai untuk motor matic berkapasitas mesin di atas 250 cc.

 

Selain menjajal performa pelumas Motul, perjalanan yang dilakukan JMC untuk mempererat tali silaturahmi antar anggota.

"Hampir dua tahun rekan-rekan JMC tidak kumpul bersama. Meskipun sering bertemu secara virtual dan dorongan untuk menggelar touring. Akhirnya rencana touring santai bisa terwujud dan mendapat dukungan dari Motul Indonesia," ujar Ketua Pelaksana Touring JMC, Elko Wilfridus.

"Terima kasih kepada Motul Indonesia yang telah memberikan dukungan berupa pelumas untuk para anggota JMC. Mereka bisa langsung merasakan keunggulan pelumas asal Prancis di jalur touring Cipamingkis ini dan juga digunakan dalam aktivitas harian rekan-rekan JMC sebagai jurnalis," timpal Muhammad Ikhsan, Sekjen JMC.

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19