Sukses

Filter Bensin Sering Terlupakan, Perannya Ternyata Sangat Penting

Liputan6.com, Jakarta - Dari beberapa komponen mobil, mungkin peran filter bensin sering dianggap remeh oleh pemilik kendaraan. Pada dasarnya, komponen ini memiliki peran penting dalam kinerja mobil agar terus prima.

Tidak heran jika mekanik di bengkel sering menyarankan Anda untuk melakukan penggantian komponen tersebut. Apalagi kalau sudah lama tidak diganti, maka komponen ini wajib diganti baru agar siklus bensin dari tangki bahan bakar ke ruang mesin menjadi lebih baik.

Namun, di samping itu, sebagai pemilik mobil Anda juga harus paham mengenai apa fungsi dari komponen tersebut. Jangan sampai, karena minim informasi tentang filter bensin, Anda malah dikerjai oleh mekanik nakal.

Untuk itu, agar lebih memahami kinerja serta fungsi penting dari komponen filter bensin, akan kami jabarkan dalam artikel berikut ini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

3 Fungsi Utama Filter Bensin

1. Memiliki Fungsi Menyaring Bahan Bakar

Seperti namanya yakni filter bensin, komponen ini berfungsi untuk menyaring bahan bakar agar tidak ada kotoran yang masuk ke dalam ruang mesin. Dengan adanya saringan pada bagian tersebut, hal ini mampu menyaring kotoran sehingga tidak terbawa masuk saat dikirimkan ke mesin.

Jika komponen ini tidak berfungsi dengan baik, maka akan ada efeknya yang akan dirasakan. Menurut beberapa informasi, jika komponen tersebut tidak bekerja sebagaimana mestinya, maka pembakaran tidak akan sempurna dan mesin akan mengalami beberapa gejala sehingga menyebabkan penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros.

2. Bertujuan untuk Memisahkan Bahan Bakar dari Air

Selain mampu menyaring kotoran dari ruang penyimpanan ke ruang mesin, filter bensin ini juga memiliki fungsi sebagai pemisah antara bensin dan air. Tentunya, dengan fungsi tersebut akan meminimalisir cairan selain bensin tidak akan masuk sehingga kondisi mesin tetap prima.

Di samping itu, untuk memastikan tidak adanya campuran air atau cairan lainnya, diharapkan pemilik kendaraan menggunakan bahan bakar yang memiliki kualitas baik.

3. Untuk Mengurangi Risiko Penyumbatan

Fungsi ketiga ini ada kaitannya dengan fungsi yang pertama tadi. Di mana, dengan adanya penyaring pada bagian ini, maka bisa dipastikan tidak ada kotoran yang masuk ke dalam ruang mesin.

Dengan begitu, filter bensin juga memiliki fungsi untuk mengurangi risiko penyimbatan pada sistem penyimpanan bahan bakar di dalam mobil. Untuk memaksimalkan kinerjanya, ada baiknya filter ini diganti sesuai dengan rekomendasi dari bengkel resmi atau bengkel kepercayaan Anda.

3 dari 3 halaman

Infografis Antisipasi Prediksi Jakarta Tenggelam 10 Tahun Lagi