Sukses

Bukan Cuma Buat Gaya, Ini Fungsi dari Spoiler Helm

Spoiler yang kini banyak digunakan di helm, ternyata tidak hanya untuk gaya-gayaan. Ada fungsi yang lebih baik dari penggunaan spoiler helm tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, helm yang menjadi riding gear untuk keselamatan berkendara, tidak hanya ditujukan untuk mendukung faktor safety. Tetapi, saat ini helm juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup bikers di Indonesia, atau bahkan di dunia.

Seiring perkembangan zaman, inovasi untuk helm pun semakin beragam. Tidak hanya dari bentuk yang semakin aerodinamis, tetapi komponen lainnya seperti aksesoris juga dihadirkan untuk memberikan kenyamanan dalam berkendara.

Bicara mengenai aksesorisnya, biasanya bikers melengkapi helm mereka dengan spoiler yang ada di bagian belakang. Bentuknya menyerupai sayap namun tidak begitu lebar dan ditempatkan di bagian atas belakang helm.

Rupanya hal tersebut tidak hanya sebagai pemanis atau gaya-gayaan semata. Tetapi, ada keunggulan yang didapatkan jika penggunaan spoiler ini tepat dan didukung dengan aerodinamika yang baik.

Mengutip dari akun instagram helmet indonesia, fungsi dari spoiler helm ini adalah mengalirkan angin yang datang dari depan ke belakang. Jika tidak ada komponen spoiler, maka angin yang datang dari depan akan berakhir di bagian belakang helm. Hal ini yang menyebabkan adanya tekanan berat di leher pengendara.

Namun, dengan adanya spoiler, maka aliran angin tersebut akan tersalurkan secara bebas. Sehingga, angin tersebut tidak akan membuat tekanan pada bagian leher dan helm.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mampu Meminimalisir Turbulensi dan Mengalirkan Angin dengan Sangat Bebas

Dengan begitu, spoiler ini akan meminimalisir adanya turbulensi di bagian belakang helm. Maka daya drag dari angin dan daya angkat helm akan semakin kecil sehigga beban akan semakin kecil.

Pemasangan tersebut juga tidak boleh sembarangan. Tetapi, biasanya untuk mendapatkan aerodinamika yang baik maka tingkat kemiringannya harus diatur sedemikian rupa.

Tentunya, peran dari spoiler ini sama seperti spoiler belakang mobil yang membuat tekanan angin dari depan dapat dialirkan dengan sangat baik dan berfungsi maksimal saat kecepatan tinggi.

3 dari 3 halaman

Infografis Prosesi Pemakaman Pangeran Philip

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.