Sukses

Andalkan Tiga Model, Pangsa Pasar Daihatsu Tumbuh Pada Februari 2021

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengawali penjualan pada dua bulan pertama tahun ini dengan pencapaian yang cukup baik

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengawali penjualan pada dua bulan pertama tahun ini dengan pencapaian yang cukup baik. Meskipun pandemi Corona Covid-19 masih berlangsung di Indonesia, jenama asal Jepang ini mampu menorehkan angka ritel sebesar 17.942 unit pada Januari dan Februari 2021.

Secara nasional, penjualan ritel otomotif di Indonesia hingga Februari 2021 mencapai sekitar 100 ribu unit dan Daihatsu dengan capaian yang tembus lebih dari 17 ribu unit ini memiliki kontribusi market share sebesar 17,8 persen untuk pasar otomotif Indonesia.

Pada penjualan ritel hingga Februari 2021, penjualan Daihatsu didominasi oleh tiga model utama, yaitu Gran Max Pick-Up 5.788 unit, atau berkontribusi sebesar 32,3 persen, disusul Sigra 4.305 (24 persen), dan Ayla sebanyak 2.298 unit (12,8 persen).

Sedangkan model lain, seperti Terios berhasil terjual sebanyak 2.285 unit atau berkontribusi sebesar 12,7 persen, Gran Max sebesar 1.727 unit atau berkontribusi sebesar 9,6 persen, dan Xenia 1.183 unit atau berkontribusi 6,6 persen.

Sementara dua model lainnya, yaitu Luxio dan Sirion sebesar 356 persen dan kontribusi 2,0 persen.

Dijelaskan Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM, pihaknya bersyukur dapat mengawali penjualan 2 bulanan di awal tahun 2021 dengan baik, disertai market share 17,8 persen.

"Kami percaya, pasar otomotif tahun ini akan lebih baik daripada tahun sebelumnya, terlebih pemerintah telah memberikan insentif relaksasi PPnBM untuk menstimulus pertumbuhan pasar otomotif,” ujar Amelia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jawaban Daihatsu Soal Rocky Masuk Daftar Penerima Diskon Pajak 100 Persen

Daihatsu Rocky masuk dalam daftar mobil penerima diskon pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) 100 persen. Padahal mobil ini belum diluncurkan di dalam negeri dan diproduksi.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pun akhirnya memberikan tanggapan mengenai hal ini. Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT ADM menyebutkan, pemerintah mengumumkan daftar penerima relaksasi pajak ini hanya satu kali dan tidak ada pengumuman selanjutnya untuk revisi daftar penerima.

Mengingat program relaksasi ini berlaku hingga 31 Desember 2021 dan tidak akan ada pengumuman selanjutnya dari pemerintah untuk menambahkan atau merevisi daftar penerima relaksasi pajak, maka ADM memutuskan untuk mendaftarkan model Rocky. Walaupun produk ini belum diluncurkan pada waktu pengumuman.

Amelia menegaskan ADM merencanakan memperkenalkan model ini (Rocky) pada periode program relaksasi pajak supaya bisa mendukung program pemerintah untuk menggairahkan pasar otomotif Indonesia yang sedang lesu.

"Meski Daihatsu Rocky belum diluncurkan saat ini, kami percaya produk ini layak untuk mendapatkan relaksasi pajak karena akan diluncurkan pada periode program,” ujar Amelia dalam keterangan persnya, Rabu (3/3).

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Tips Cuci Masker Kain untuk Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.