Sukses

TMMIN Serahkan Donasi ke PMI untuk Bantu Penanggulangan Bencana Alam

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) bersama perusahaan pemasok lokal (supply chain) menyalurkan donasi senilai Rp 1,25 miliar kepada Palang Merah Indonesia (PMI). Donasi ini sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam penanggulangan bencana alam di Tanah Air.

Seperti diketahui, berbagai wilayah di Indonesia mendapat musibah bencana alam sejak awal pergantian tahun. Sebut saja gempa bumi di Sulawesi Barat, banjir besar yang melanda Kalimantan Selatan dan Jawa Tengah, tanah longsor yang menimpa masyarakat di Jawa Barat, hingga banjir yang dialami oleh warga Karawang.

Bantuan tersebut diserahkan Presiden Direktur PT TMMIN Warih Andang Tjahjono kepada Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla secara virtual. Dana yang diberikan kepada PMI akan dikelola untuk kebutuhan masyarakat yang menjadi korban bencana alam.

Presiden Direktur PT TMMIN Warih Andang Tjahjono menyampaikan simpati mendalam kepada masyarakat yang menjadi korban bencana alam di berbagai wilayah Indonesia.

Pihaknya juga sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, PMI, dan semua pihak yang bekerja keras membantu upaya penanggulangan bencana di daerah dalam kondisi pandemi saat ini.

"Semoga donasi yang kami berikan melalui PMI, dapat terasa manfaatnya bagi daerah yang terdampak," terang warih dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/3/2021).

Bantuan yang disalurkan Toyota Indonesia bukan lah yang pertama. Sebelumnya, PT. Toyota-Astra Motor (TAM) bersama delaer dan local stakeholders telah menyalurkan bantuan langsung secara bertahap untuk membantu pemulihan daerah terdampak di Majene – Mamuju dan Kalimantan Selatan pada Januari 2021.

Adapun bantuan yang disalurkan berupa barang–barang kebutuhan siap pakai, medical support, dan sanitasi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nota Kesepahaman dengan PMI

Di saat yang bersamaan, PT TMMIN juga melakukan penandatangan Nota Kesepahaman dengan PMI tentang "Dukungan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia dan Manajemen Aset".

Adapun ruang lingkup dari Nota Kesepaham ini yaitu berisi tentang Program Pelatihan Training for Trainer mengenai Budaya Kerja, Kaizen, dan Plan Do Check Action (PDCA). Serta Pengembangan Manajemen Aset yang meliputi Database Aset Terintegrasi serta Modifikasi Sistem Aset.

Pada pekan lalu, tepatnya 25 Februari 2021, PT TMMIN memberikan bantuan donasi bagi korban banjir Kabupaten Karawang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Karawang dan warga Karawang dengan total bantuan sebesar Rp 300 juta yang terdiri dari beras 3,1 ton, kebutuhan bayi sebanyak 700 set, cairan desinfektan (1.000 liter), masker sebanyak 20.300 pcs dan alat-alat pembersih.

“Kami berharap serangkaian donasi TMMIN bersama PMI dapat memberikan kontribusi nyata bagi pemulihan bencana di Indonesia. Kami senantiasa memberikan dukungan penuh kepada PMI dan Pemerintah dalam mengatasi bencana alam di awal tahun 2021,” pungkas Bob Azam, Direktur Corporate Affairs.

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Hindari Penularan Covid-19 Saat Musim Hujan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.