Sukses

Serba-serbi Motor Kustom Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) sempat membuat kejutan dunia otomotif Tanah Air setelah membeli sebuah motor kustom. Motor kustom pertama Jokowi bergaya Chopper yang merupakan garapan modifikator lokal, Elders Garage dan Kickass Choper.

Motor yang dijuluki Chopperland tersebut, dibeli orang nomor satu di Indonesia itu dengan mahar Rp 140 juta. Motor kustom tersebut berbasis Royal Enfield Bullet 350cc.

Tidak cuma satu, Jokowi memiliki satu motor kustom lagi yang juga garapan modifikator lokal. Dan menariknya, Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Jokowi ternyata juga menyukai motor kustom.

Motor kustom berkelir emas itu sempat digunakan Jokowi untuk blusukan di Sukabumi, Jawa Barat pada Minggu 8 April 2018. Saat itu Presiden meninjau pelaksanaan program padat karya tunai.

Dalam perjalanannya ini, Jokowi tampil dengan mengenakan jaket berbahan jeans, celana panjang biru tua, dan sepatu kets. Uniknya, jaket jeans biru yang dipakai Presiden ini bergambar peta Indonesia di bagian dadanya. Sementara di bagian lengan dan punggung tertulis dengan cukup besar Indonesia.

Tak puas memiliki satu motor kustom, Jokowi pun memesan motor kustom berbasis Kawasaki W175 ke Andi Akbar yang tak lain builder Katros Garage.

Dalam proses pembuatan, motor pesanan Jokowi mengalami beberapa penyesuaian. Dan foto di atas merupakan  model sementara. Dan pada akhirnya, sang builder kembali merombak sesuai keinginan Jokowi.

 

Dan ini merupakan hasil akhir motor kustom Jokowi garapan Katros Garage. Motor bergaya Bobber itu berbasis Kawasaki W175.

Posisi duduk motor kustom terbaru Jokowi ini dibuat lebih rendah dengan posisi foot step agak menjorok ke depan ala motor cruiser. Pada bagian tangki, indentitas sang pemilik ditonjolkan dengan tersemat tulisan "Jokowi" di sisi samping.

Motor kustom ini pernah dikendarai Jokowi untuk meninjau jalan perbatasan trans-Kalimantan yang terletak di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, Kamis 19 Desember 2019.

Perjalanan dimulai dari Bandara Yuvai Semaring, Jokowi langsung mengendarai motor kustomnya tersebut. Sejumlah menteri juga terlihat mengendarai sepeda motor juga, seperti Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Foto di atas diambil usai Jokowi meresmikan pameran otomotif tahunan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, saat mengunjungi booth peserta.

Didamping Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, Jokowi juga mengunjungi booth Increase Indonesia. Dalam kunjungannya tersebut, orang nomor satu di Indonesia ini melihat berbagai motor kustom yang dipajang, termasuk motor Chopperland miliknya dan juga motor kustom milik anaknya, Gibran Rakabuming Raka.

Motor kustom Gibran yang sempat ditunggangi Jokowi di IIMS 2018 merupakan garapan rumah modifikasi asal Solo, Jawa Tengah, Rich Richie (Ride and Garage).

Motor kustom Gibran ini merupakan Honda CB125. Sebelumnya, motor ini memiliki gaya japstyle, dan kemudian diubah tampilannya jadi motor sport klasik dengan full fairing.