Sukses

MT800 Ramaikan Segmen Motor Adventure, Intip Spesifikasinya

Liputan6.com, Jakarta - Segmen motor adventure kian riuh seiring dengan meluncurnya MT800. Motor ini merupakan hasil kolaborasi antara CFMoto dengan KTM. Keduanya telah bermitra selama 3 tahun.

Motor adventure ini menggunakan mesin turunan dari KTM 790. Meski demikian, secara tampilan MT800 mirip-mirip dengan Honda Africa Twin.

Buat yang terus mengikuti perkembangan CFMoto, pasti menyadari kalau mereka memproduksi sepeda motor KTM untuk pasar Asia. Lebih tepatnya, KTM merelokasi penggarapan Duke 790 dan 790 Adventure ke Cina.

Tidak hanya itu, pabrikan sepeda motor asal Tiongkok juga membeli hak atas sejumlah teknologi mesin perusahaan Austria, yang utamanya adalah mesin 790 LC8.

Hasil dari kemitraan itulah akhirnya melahirkan CFMoto MT800. Unit yang telah jelas terlihat, sama persis dengan spy shot yang beredar pada Oktober lalu. Styling-nya lebih mirip motor ADV tradisional dibanding KTM Adventure.

Ia tampil serbabaru dan menampilkan gaya yang unik, serta mengusung banyak fitur teknik KTM. Misalnya, rangka, mesin, dan pengaturan suspensi yang sangat mirip dengan 790.

Tampang depannya sedikit mirip Honda CRF1100 Africa Twin. Pakai windshield besar yang berdiri tegak di atas lampu utama. Bentuk headlamp juga dibuat agresif. Bagian bawahnya diberikan sinar tambahan dari foglamp.

Pakai setang lebar dan dilengkapi handguard di tiap sisinya. Tangki bahan bakar mengembung padat dan sisi kiri maupun kanan dipasangkan engine guard. Berfungsi melindungi cover tangki dan bagian mesin.

Meski belum ada kepastian di negara mana dirinya bakal dijual, sepeda motor ini terlihat memakai elemen yang diwajibkan di Eropa dan AS.

Salah satunya ada komponen reflektor samping pada suspensi depan. Indikasi ini jelas bahwa desain yang telah dibuat ditujukan untuk penjualan global.

Rangkanya mencirikan KTM 790, meski desain swingarm milik CFMoto. Tampaknya punya ukuran lebih panjang dari pada yang digunakan KTM.

Jarak sumbu roda si adventure Cina lebih panjang dari 790 Adventure, meningkat dari 59,4 inci menjadi 60,3 inci.

 

2 dari 5 halaman

Performa

Untuk mesin, dapat diasumsikan bahwa iterasi KTM 790 LC8 akan menggerakkan mesin ini. Mungkin di-tweak dengan performa yang berbeda.

Secara spesifikasi, ia berarti menggendong mesin berkubikasi 799 cc, DOHC, parallel twin, berpendingin cairan dengan 6 percepatan.

Diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal 95 Hp pada 8.000 rm dan torsi 88 Nm pada 6.600 rpm.

Dalam hal intake dan knalpot, diharapkan MT800 menjadi pemain yang cukup baik, terutama jika datang dengan label harga yang menarik. Terlebih bila dirinya sudah menyandang status lolos uji emisi Euro 5.

Meskipun bergaya tualang, kaki-kaki MT800 sangatlah berbeda dengan KTM 790 maupun 890 Adventure. Ia memiliki desain yang lebih berorientasi pada jalan raya.

Rodanya berdiameter lebih kecil, dengan bagian depan 19 inci dan belakang 17 inci. Masing-masing dibalut dengan ban 110/80 dan 150/70. Sementara saudara dari Austria pakai ring 21 inci depan dan 18 inci belakang. CFMoto tampaknya punya bobot yang lebih berat, yakni 203 kg.

 

3 dari 5 halaman

Dua Varian

Seiring dengan pilihan bagasi, motor ini hendak dijual dalam dua varian model yang berbeda. Versi jalan raya yang dilengkapi dengan cast wheels dan bagian bawah mesin terbuka.

Sedang model satu lagi lebih berani dengan menggunakan roda ruji. Ukurannya sama, tapi ditambah dengan komponen pelat aluminium untuk melindungi knalpot dan casing mesin bawah. Suspensi dan rem dibuat serupa, termasuk kaliper radial-mount dan Bosch 9.1MP ABS.

MT800 bukan satu-satunya model hasil kerja sama CFMoto dengan KTM yang diharapkan dalam beberapa bulan mendatang. Perusahaan China tersebut juga telah mengumumkan motor jenis tourer bermesin 1.250 cc.

Unit itu menggunakan versi mesin V-twin KTM yang telah dimodifikasi. Dan presentasi investor KTM awal tahun ini mengatakan bahwa CFMoto bakal ditugaskan untuk membuat berbagai model KTM 750 cc untuk pasar global. Termasuk 750 Duke, 750 Adventure dan 750 Supermoto T. 

Sumber: Oto.com

4 dari 5 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: