Sukses

Cara Mudah Cuci Helm Sendiri di Rumah, Berikut Panduannya

Harus selalu menjaga kebersihan di masa pandemi Covid-19, seluruh barang yang kita gunakan harus dijaga kebersihannya agar tak menjadi sarang bakteri dan virus, tak terkecuali helm. Kita bisa cuci helm sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Harus selalu menjaga kebersihan di masa pandemi Covid-19, seluruh barang yang kita gunakan harus dijaga kebersihannya agar tak menjadi sarang bakteri dan virus, tak terkecuali helm. Kita bisa cuci helm sendiri.

Menjadi salah satu piranti berkendara yang mudah terpapar bakteri dan virus, bagian dalam helm terdapat banyak busa dan kain yang dapat menyerap keringat atau air saat musim hujan.

Karena itu, bagian ini dapat mengeluarkan bau tak sedap dan menggangu ketika sedang berkendara. Untuk membersihkannya, Anda tak perlu membawa ke tempat pencucian helm.

Selain lebih hemat, mencuci helm sendiri membuat Anda lebih teliti dan melakukan pembersihan secara menyeluruh. Untuk lebih jelasnya, berikut panduan membersihkan helm sendiri di rumah seperti dilansir Federal Oil, Minggu (13/12/2020).

Pertama, copot semua padding pada helm. Termasuk padding utama alias busa bagian atas. Jangan sembarang saat melepas komponen ini, agar tidak rusak dan robek. Karena itu memperhatikan posisi kancing-kancing adalah hal penting.

Kedua, siapkan air hangat secukupnya untuk keperluan merendam padding. Siapkan ember, sabun atau sampo serta sikat gigi halus untuk menyikat padding helm yang kotor.

Saat air hangat di ember sudah tersedia, campurkan sampo secukupnya dan aduk rata. Setelah itu, masukkan semua padding ke dalam ember. Tunggu 5-10 menit, supaya kotoran hilang dan kuman mati.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jemur

Setelah 10 menit dan air sudah mulai dingin, ambil padding yang ada. Gosok menggunakan sikat gigi bekas. Langkah ini, bertujuan untuk menghilangkan noda atau kotoran, sehingga bisa membuat padding kembali bersih.

Usai melakukan hal tersebut, rendam dengan air dingin menggunakan ember lainnya. Ini untuk menghindari kotoran kembali mengendap pada padding.

Berikutnya keluarkanlah, lalu jemur di panas matahari. Perlu diingat, jangan menjemur saat cuaca mendung atau saat hujan. Sebaiknya, padding basah tak langsung diperas. Sebab akan merusak busa di bagian dalam dan membuat cepat kempes.

Setelah kering, pasang kembali di tempat semula. Berikan pewangi helm agar lebih harum. Setelah itu, helm bisa digunakan kembali dengan nyaman.

3 dari 3 halaman

Infografis Pilihan:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.