Sukses

50 Tahun Suzuki di Indonesia, Ini Pencapaian yang Telah Diraih

Suzuki genap berusia 50 tahun di Indonesia. Banyak hal telah diraih Suzuki sejak menancapkan kuku bisnisnya di Tanah Air pada 1970.

Liputan6.com, Jakarta - Suzuki genap berusia 50 tahun di Indonesia. Banyak hal telah diraih Suzuki sejak menancapkan kuku bisnisnya di Tanah Air pada 1970.

"Kami berterima kasih kepada seluruh pihak, terutama konsumen, yang selalu mendukung Suzuki hingga mampu menginjak usia ke-50 di Indonesia. Saya harap perayaan ini mampu membuat seluruh elemen perusahaan semakin solid agar tetap bisa memberikan kontribusi terbaik untuk Indonesia," terang President Director PT SIM/SIS Seiji Itayama, Senin (7/12/2020).

Tercatat, pabrikan berlambang huruf 's' tersebut telah memproduksi lebih dari 11 juta sepeda motor dan 2,5 juta mobil dengan lokal konten rata-rata di atas 80 persen. Komponen-komponen tersebut dipasok oleh 400 lebih perusahaan komponen dalam negeri.

Tidak cuma fokus dalam penjualan dalam negeri, Suzuki Indonesia juga melakukan ekspor ke 85 negara tujuan dengan total volume lebih dari 1,3 juta unit. Dan sejauh ini, Suzuki Indonesia mempekerjakan 5.000 karyawan.

Menatap persaingan di pasar otomotif nasional yang semakin sengit, Suzuki tetap berkomitmen untuk menghadirkan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Sayangnya, Suzuki enggan secara terang-terangan membeberkan produk-produk baru yang bakal dihadirkan di masa mendatang.

"Untuk produk baru, mohon maaf tidak bisa kami sampaikan di sini karena sekarang kami sedang live Youtube artinya seluruh dunia bisa nonton acara ini jadi kami minta maaf tidak bisa membuka semua informasi," ujar Itayama.

"Cuma kami bisa komitmen bahwa semua bidang, yakni mobil, motor, dan OBM (OutBoard Motor), kami akan usahakan untuk memasarkan produk-produk yang berinovasi dan bagus. Itu yang menjadi komitmen kami kepada masyarakat Indonesia," tambahnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Target Suzuki

Seperti diketahui, pandemi Corona Covid-19 membuat sektor bisnis termasuk industri otomotif babak belur. Penjualan mobil di tahun inipun jauh dari target awal yang telah ditentukan. Bahkan Gaikindo beberapa kali merevisi target lantaran penjualan mobil terus merosot.

Penjualan mobil di tahun depan pun diperkirakan sulit untuk bisa "normal" seperti kondisi sebelum pandemi. Bahkan Suzuki memprediksi penjualan di tahun depan mencapai 750 ribu unit.

"Menurut perkiraan kami, total market mobil tahun depan bisa sampai 750 ribu unit. Dari Suzuki, kami (targetkan) mau 13 persen dari 750 ribu unit tersebut. Jadi kira-kira itu prediksi kami dari Suzuki," ujar Hideaki Tokuda Director PT SIS.

 

3 dari 4 halaman

Ucapan Selamat

Mewakili Kementerian Perindustrian RI, Taufik Bawazier selaku Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat transportasi, dan Elektronika (Ilmate) memberikan ucapan selamat terkait 50 tahun Suzuki di Indonesia.

"Dengan komitmen Indonesia untuk menjadi pilar ke-3 dalam grup Suzuki setelah Jepang dan India, saya harap Suzuki Indonesia dapat meningkatkan volume produksi untuk pasar domestik dan ekspor lebih dari 45 persen dan menjadikan Suzuki Indonesia sebagai mother plan tidak hanya untuk kendaraan MPV tapi juga niaga," ujarnya.

"Saya juga berharap Suzuki dapat meningkatkan kualitas dan kapabilitas tenaga kerja nasional dengan cara melakukan transfer teknologi untuk memenuhi kebutuhan produksi dan design & development," tegasnya.

4 dari 4 halaman

Infografis MotoGP

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.