Sukses

Kemungkinan Model Entry Level Adopsi Fitur Y-Connect, Ini Jawaban Yamaha

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha mulai menyematkan fitur konektivitas smartphone Y-Connect pada sejumlah lini produknya. All-new Yamaha NMax 155 tipe tertinggi menjadi model pertama yang mengaplikasi fitur tersebut hingga kemudian disusul Aerox 155.

Poin utama dari kemampuan konektivitas gawai Yamaha sendiri terletak di pemanfaatan Communication Control Unit (CCU). Berkat bagian ini, gawai dapat berkomunikasi dengan motor untuk saling tukar informasi via sambungan Bluetooth. Memberikan nilai lebih untuk penggunaan.

Dipantau lewat aplikasi Y-Connect, pengguna jadi mudah mengetahui berbagai kondisi motor. Termasuk di dalamnya informasi lokasi parkir terakhir saat terhubung serta rekomendasi perawatan semisal kondisi aki dan oli. Tak ketinggalan notifikasi malfungsi, hingga Revs Dashboard sebagai penampil instrumen di smartphone.

Tidak satu arah pula, lewat panel meter digital, motor turut dapat membeberkan berbagai informasi selama berkendara. Ambil contoh pemberitahuan saat ada telepon, pesan, atau email masuk. Semua bakal menjadi bagian dari indikator di alat instrumentasi utama.

Yep, kemampuan seperti ini awalnya dapat dinikmati di kelas 155 cc pada NMax varian atas. Ditambah akhiran “Connected” guna mengukuhkan strata atas. Tapi kemudian tidak lagi jadi barang eksklusif miliknya sebab Aerox 155 datang dengan perbekalan serupa.

Pun PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) turut menambah satu varian baru di NMax. Bawa peningkatan dari standar sehingga tawaran opsi “Connected” semakin banyak di pasaran.

 

Sudah meluas, tinggal tunggu waktu untuk diturunkan. Lantaran transfer teknologi menuju kelas di bawahnya merupakan hal lazim bagi pabrikan. Contoh peranti ABS atau panel instrumen digital.

Dahulu eksis di motor besar kelas kakap, kini sudah dapat dinikmati di skuter berdimensi kompak. Dengan demikian, timbul satu pertanyaan. Akankah kelas 125 cc segera kebagian fitur Y-Connect?

Ada saja kemungkinan line up entry level bakal dibekali kemampuan itu. Kalau ada permintaan di pasar, dipastikan masuk pertimbangan pabrikan. Seperti diungkapkan Manager Public Relations PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro.

“Memang kami membenamkan fitur itu (Y-Connect) kepada produk 155 cc. Tujuannya apa? Untuk mendukung experience berkendaranya mereka. Tetapi kami lihat ke depan, kalau memang ternyata konsumen menginginkan, ada banyak masukan dari mereka, kami pasti akan pertimbangkan,” kata Anton.

 

2 dari 5 halaman

Tidak Dalam Waktu Dekat

Kendati begitu, dipastikan tidak dalam waktu dekat ini mengisi daftar kelengkapan skutik 125 cc Yamaha di Tanah Air. Terkait waktunya, Anton lanjut menegaskan, “Tapi untuk saat ini tidak.”

Terlepas dari permintaan pasar, jangan jauh-jauh ke fungsi konektivitas. ABS tampaknya lebih krusial untuk menjadi pertimbangan di entry level. Kita tunggu saja kecanggihan yang bakal diboyong pabrikan berlambang garputala di masa mendatang.

Bebas saja kalau mau menunggu, yang jelas saat ini Yamaha semakin melebarkan opsi bagi konsumen. Baik itu dari sisi kelengkapan mutakhir serta modelnya.

Terbukti dari peluncuran tiga produk baru di November ini. Mengingat kembali, bulan sebelas dibuka oleh perkenalan All New Aerox 155 Connected dan Connected ABS.

Sebagaimana namanya, Aerox kini kebagian fungsi Y-Connect. Tapi bukan itu saja, ada beberapa titik pembaruan dibawa. Misal dari segi desain, topeng wajahnya berubah dibarengi pemanfaatan set lampu lebih besar. Tertanam pendar LED pula sebagai strip lampu siang. Juga area bodi lain ikut diadaptasi sebagai penegas status “All-New”.

Di samping itu, output mesin diklaim meningkat. Kini dicatatkan angka 15,1 hp pada tenaga dan torsi 13,9 Nm pada jurnal performa model anyar – bukan lagi 14,7 hp/13,8 Nm. Yamaha Gear 125

 

3 dari 5 halaman

Model Lain

Lanjut menuju akhir bulan, satu varian baru NMax ikut meramaikan. Tepatnya di 21 November, ia datang sebagai opsi standar yang dibekali fitur premium berupa Smart Key System (SKS) dan CCU untuk konektivitas gawai.

Secara mendasar, data spesifikasi tetap mengacu pada varian basic. Hanya saja, satu warna eksklusif ditawarkan yakni Prestige Silver.

Terakhir YIMM menutup November dengan mendatangkan anggota baru di kelas skutik entry level. Adalah Gear 125, dikenalkan perdana tanggal 25. Segar, menganut tema rancangan “Matic Multiguna” dengan trim tubuh hitam bertekstur rugged ala SUV.

Fleksibilitas pemakaian jadi poin utama, seperti penyematan double hook untuk jangkar barang bawaan dan soket listrik di kompartemen.

Di balik semua itu, ia memanfaatkan mesin Blue Core 125 cc serta Smart Motor Generator (SMG) nan halus.

Sumber: Oto.com

4 dari 5 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: