Sukses

Perhatikan Tiga Hal Ini Supaya Cat Mobil Enggak Gampang Kusam

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemilik mobil, melihat cat mobil yang kusam tentunya menjadi pemandangan yang tidak enak. Padahal, roda empat kesayangan umurnya masih belum terlalu tua, antara tiga sampai lima tahun pemakaian.

Biasanya, cat mobil kusam itu karena pemakaian yang sudah lama, atau mobil sering terjemur di bawah sinar matahari. Selain itu, si empunya kendaraan juga rajin mencuci mobil.

Melansir laman resmi Mobil88, ada satu penyebab cat mobil terlihat kusam, yaitu shampo. Tapi, bagaimana bisa?

1. Perhatikan Kadar PH Pada Shampo

Saat mencuci mobil, perhatikan juga jenis shampo mobil yang dipakai, jangan sembarang menggunakan shampo mobil hanya karena harganya murah.

Biasanya shampo yang murah ini mengandung potensial hidrogen (pH) terlalu tinggi, sehingga menjadi penyebab cat mobil malah cepat kusam.

Untuk itu, sebaiknya perhatikan kadar pH di dalam kandungan shampoo. Produk yang baik untuk cat mobil itu yang memiliki kandungan pH di bawah 10.

Atau kalau bisa kandungan pH- nya 7 akan lebih bagus lagi sehingga tidak akan merusak lapisan dari cat itu sendiri. Kalau terlalu tinggi atau lebih dari 10 maka bisa cepat merusak cat bodi mobil.

 

2 dari 2 halaman

2. Jamur Pada Bodi Mobil

Selain itu, cat kusam juga bisa disebabkan adanya jamur di bodi mobil. Penyebabnya, yaitu setelah dicuci, lalu malam hari karena embun dan besok paginya mobil tidak dilap.

Lama kelamaan bisa menimbulkan jamur, jadi lebih baik selalu merawatnya dengan baik.

3. Hindari Mencuci di Bawah Terik Matahari

Perhatikan juga ketika mencuci mobil, usahakan di tempat yang teduh dan parkirkan mobil di tempat yang datar untuk menghindari air mengendap di celah-celah bodi mobil.

Hindari mencuci di bawah terik matahari dan dalam kondisi mesin panas, karena akan menimbulkan bercak air atau busa sabun di permukaan kendaraan.

Bercak ini juga bisa membuat lapisan cat menjadi kusam.