Sukses

Turki Mulai Uji Coba Mobil Terbang

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah mobil terbang yang tengah dikembangkan di Turki telah menyelesaikan pengujiannya untuk pertama kali. Disebut sebagai Cezeri, kendaraan ini dirancang dan direkayasa secara lokal.

Melansir Carscoops, media lokal menyebutnya sebagai mobil terbang, sejatinya ini adalah quadcopter yang menyediakan tempat duduk untuk satu orang. Kendaraan ini, memiliki kemampuan lepas landas dan mendarat secara vertikal.

Selama uji terbang yang dilakukan baru-baru ini, Cezeri lepas landas dan melayang dari atas tanah dan dikendalikan oleh remote control.

Direktur Teknik Bayker Makina, Selcuk Bayraktar, sebagai produsen mobil terbang ini percaya butuh 10 sampai 15 tahun sebelum Cezeri digunakan sebagai alat transportasi umum di Turki.

Sebelum itu terjadi, kendaraan ini akan digunakan untuk rekreasi di pedesaan dalam 3 atau 4 tahun.

"Setelah mobil pintar, revolusi teknologi otomotif akan terjadi pada mobil terbang. Jadi, dari sudut pandang ini kami sedang mempersiapkan balapan besok, dari pada hari ini," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Diuji Pakai Pilot

Nama mobil terbang ini sendiri, terinspirasi dari Ismail al-Jazari, seorang insinyur muslim terkenal yang hidup antara 1136 dan 1206.

Sebagai informasi, Bayker Makina sudah memproduksi drone untuk angkatan bersenjata dan non-bersenjata serta sistem kontrol, simulator, dan sistem avionik.

Bayraktar sendiri telah mengkonfirmasi bahwa ada rencana untuk melakukan uji coba terbang dengan seorang pilot manusia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Piliha Berikut Ini: