Sukses

New Toyota Yaris Siap Mengaspal Pekan Depan di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Terus menghadirkan berbagai model baru di Tanah Air, PT Toyota Astra Motor (TAM) bersiap kembali meluncurkan mobil anyar, new Toyota Yaris. Hatchback andalan pabrikan asal Jepang ini, rencananya mengaspal pekan depan, Selasa, 8 September 2020.

Berdasarkan undangan yang masuk ke redaksi Liputan6.com, new Toyota Yaris bakal hadir secara virtual, di akun resmi media soal Toyota Indonesia.

"Melalui surat ini PT Toyota-Astra Motor mengundang rekan-rekan media untuk menyaksikan acara New Yaris : Start Your New Excitement," tulis Toyota dalam undangannya, Selasa (1/9/2020).

Belum diketahui pasti, ubahan apa yang bakal tersemat di new Toyota Yaris ini. Namun sebelumnya, model ini sepertinya sama dengan yang sudah hadir terlebih dahulu di Thailand, beberapa waktu lalu.

Toyota Yaris baru memiliki bentuk lampu dan grille yang berubah, dan sudah dilengkapi LED. Bidang melebar ke bawah, berpangkal langsung ke grille. Dalamnya diisi bilah horizontal mirip Camry. Daytime Running Light (DRL) hilang, pindah langsung ke dalam batok lampu utama. Rumah fog lamp melengkung tajam mencirikan khas Toyota saat ini.

Toyota Yaris baru ini menerapkan kelir ganda juga di atap untuk tipe Sport Premium. Mulai pilar dilabur hitam menegaskan konsep two-tone.

2 dari 4 halaman

Interior dan Mesin

Interior juga bertambah mewah, namun dashboard tidak berubah. Dilengkapi head unit monitor 6,7-inci menyediakan koneksi Apple CarPlay. Gimmick lain ada spion electro chromic dan Digital Video Recorder sebagai peranti standar di tipe tertinggi.

Fitur keselamatan tambah lengkap. Tujuh airbag tersebar memenuhi kabin bila terjadi tumbukan. Perangkat aktif komplet mulai dari ABS (Anti-lock Brake System), VSC (Vehicle Stability Control), TRC (Traction Control System), HAC (Hill Assist Control), EBD (Electronic Brake-force Distribution) dan BA (Brake Assist).

Belum cukup sampai di situ. Akhirnya sistem mutakhir Toyota Safety Sense singgah di segmen ini. Berupa Pre-Collision System (PCS) yang akan memberi peringatan bila potensi kecelakaan besar terjadi.

 

3 dari 4 halaman

Fitur Canggih

Lalu Lane Departure Alert (LDA) untuk menjaga fokus pengemudi agar tetap di jalurnya. Adanya dua teknologi itu, menjadikan Vios selangkah di depan Honda City generasi terbaru di Thailand.

Model ini dipersenjatai mesin sama dengan model sebelumnya, yaitu unit 3NR-FKE DOHC Dual VVT-iE 1,2-liter naturally aspirated. Mesin kecil tanpa turbo, hanya menyemburkan daya sebesar 92 PS dan torsi 109 Nm.

Mesin tersebut, dikawinkan dengan transmisi Super CVT-i yang menggerakkan roda depan, klaim konsumsi bahan bakar mampu mencapai 23,3 kpl.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: