Sukses

Fakta-Fakta Mengenai BMW M4 Coupe Hadiah Juara MotoGP Styria

Liputan6.com, Jakarta - Miguel Oliveira keluar sebagai juara MotoGP Styria yang berlangsung akhir pekan kemarin. Tidak hanya mengamankan poin, pembalap Red Bull KTM Tech3 itu juga berhak atas BMW M4 Coupe 2021.

Pada seri Styria tersebut, BMW memang menjadi sponsor balap kelas premier yang ke-900 itu di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (24/8/2020). Mobil M Performance yang diberikan untuk Oliveira adalah model tahun 2021.

"Selamat untuk Miguel Oliveira. Performa yang fantastis membuatnya melampuai persaingan ketat dalam balapan MotoGP di BMW M Grand Prix Styria. Sebagai mitra lama Dorna dan sponsor utama acara tersebut, kami dengan senang hati mengapresiasi Miguel dengan BMW M4 baru seabgai hadiah atas kemenangannya," ujar CEO BMW M GmbH, Markus Flasch, dalam keterangan resmi yang dirilis BMW Group.

BMW M Performance sendiri juga merupakan mobil keselamatan alias safety car yang dipakai dalam setiap balap MotoGP, yakni BMW M8Gran Coupe MotoGP Safety Car.

Nah, tapi ada yang sedikit berbeda dari tampang mobil yang diberikan untuk Oliveira. BMW M4 itu masih memiliki livery yang sedikit berbeda.

BMW M4 coupe belum resmi dirilis. Mobil itu baru akan menjalani debut dunianya pada musim gugur tahun ini, yakni sekitar bulan September hingga November.

Itu mengapa mobil yang diberikan untuk Oliveira saat selebrasi kemenangan di Red Bull Ring masih mengenakan livery berbeda. Itu adalah cara untuk berkamuflase.

 

2 dari 4 halaman

Tak Bisa Langsung Dipakai

Lantaran mobil tersebut belum beredar di pasaran, maka pembalap asal Portugis itu harus sedikit bersabar untuk bisa mengendarai mobil barunya.

"Tapi dia harus menunggu sebentar untuk mengendarai BMW m4-nya. Mobil itu sangat baru sehingga belum benar-benar ada di pasaran. Namun kami yakin dia akan bersenang-senang dengan mobil itu. Saat test drive pertama pun sudah terbukti," lanjut Flasch.

Oliveira juga tidak sabar untuk bisa menerima BMW M4 2021 yang 'sebenarnya'. Apalagi nama Oliveira tentu akan tercatat dalam sejarah balap MotoGP sebaga juara MotoGP yang ke-900 dan sebagai pembalap pertama yang mendapatkan hadiah spesial.

"Saya harus mencoba BMW M4 baru di sini, di Red Bull Ring dan tidak sabar untuk memiliki milik saya sendiri," kata Oliveira.

 

3 dari 4 halaman

Performa Performa

Dengan label M Performance, BMW M4 sudah bisa dipastikan memiliki performa luar biasa. Hanya saja, BMW sendiri belum memberikan informasi rinci terkait sistem mekanis yang akan disematkan pada model 2021.

BMW hanya mengklaim bahwa BMW M4 2021 memiliki konsumsi bahan bakar gabungan 10,9-10,5 liter setiap 100 kilometer. Selain itu memiliki emisi CO2 gabungan 249-239 g/km (nilai sementara).

Sebagai acuan, BMW M4 2020 memiliki tenaga 425 hp dari mesin twin-turbo segaris 6-silinder dengan transmisi manual 6-percepatan atau otomatis dual-clutch 7-percepatan yang dipadukan dengan sistem penggerak roda belakang.

Maka, diprediksi bahwa BMW M4 2021 dibekali mesin 3.0L twin turbo inline 6-silinder yang bertenaga 473  hp. 

Sumber: Otosia.com

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: